PROGRAM LAYANAN JUAL BELI PRODUK USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH MELALUI APLIKASI PASAR ONLINE TUMBAS DI KABUPATEN MOJOKERTO

Jagad, Muhammad Dhamar (2024) PROGRAM LAYANAN JUAL BELI PRODUK USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH MELALUI APLIKASI PASAR ONLINE TUMBAS DI KABUPATEN MOJOKERTO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (541kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (440kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Program aplikasi tumbas merupakan jenis layanan publik yang berbasis online untuk melakukan kegitan jual beli barang/hasil UMKM Masyarakat Kabupaten Mojokerto. Aplikasi Tumbas dapat diakses oleh Masyarakat melalui smartphone atau langsung dalam website. Aplikasi Tumbas dapat dikatakan efektif apabila sudah mencapai tujuan yang ditargetkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya layanan inovasi yang diberikan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mojokerto dalam upaya bangkit dari keterpurukan pasca Covid 19 dan menstabilkan perekonomian masyarakat Kabupaten Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bersifat depskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan data reduction, data display dan conclusion drawing dari hasil wawancara dan observasi. untuk mengetahui bagaimana berjalannya program layanan jual beli produk usaha mikro, kecil, dan menengah melalui inovasi aplikasi pasar online TUMBAS di Kabupaten Mojokerto menggunakan teori menurut Ibrahim yang terdiri dari enam indikator yakni dengan melihat dari transparansi, kedua melihat dari akuntabilitas, ketiga kondisional, keempat partisipatif, kelima kesamaan hak dan keenam yakni keseimbangan hak dan kewajiban. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa program layanan jual beli produk usaha mikro, kecil, dan menengah melalui inovasi aplikasi pasar online TUMBAS di Kabupaten Mojokerto secara umum sudah berjalan dengan baik dan efektif. Namun masih terdapat beberapa kendala yang membuat layanan program menjadi belum maksimal. Untuk mendukung keefektifitasan pelaksanaan layanan program Aplikasi Tumbas agar dapat mengoptimaslisasikan sosialisasi inovasi layanan program Aplikasi Tumbas kepada Masyarakat. Baik dengan menggunakan media sosial (online) maupun secara langsung (offline). Dan menambah informasi pada website resmi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mojokerto tentang inovasi layanan marketplace Aplikasi Tumbas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 201810050311286
Keywords: Pelayanan Publik, Inovasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Aplikasi Tumbas
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: 201810050311286 dhamarjagad
Date Deposited: 16 Aug 2024 08:38
Last Modified: 16 Aug 2024 08:38
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10538

Actions (login required)

View Item
View Item