Fauji, Riza (2024) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP APLIKASI PENGHITUNG BIAYA LISTRIK YANG TERSEDIA DI ANDROID PLAYSTORE Studi kasus Desa Gedangan Kabupaten malang. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.
pendahuluan.pdf
Download (946kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (330kB) | Preview
babII.pdf
Download (126kB) | Preview
babIII.pdf
Download (163kB) | Preview
bab Iv.pdf
Restricted to Registered users only
Download (851kB) | Request a copy
bab v.pdf
Restricted to Registered users only
Download (75kB) | Request a copy
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (459kB) | Request a copy
poster.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) untuk menganalisis kepuasan pengguna terhadap aplikasi penghitung listrik di Android PlayStore, dengan studi kasus di Desa Gedangan, Kabupaten Malang. Metode EUCS dikembangkan untuk mengevaluasi kepuasan pengguna berdasarkan perbandingan harapan dan pengalaman pengguna terhadap variabel seperti isi, format, keakuratan, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu.
Data dikumpulkan melalui survei dengan kuesioner yang menguji tujuh variabel independen. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel perceived usefulness dan service berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, sementara variabel lainnya tidak berpengaruh signifikan secara parsial.
Aplikasi "Biaya Tarif Listrik" dikembangkan oleh CV. Transnity, sebuah perusahaan industri teknologi digital mobile untuk Android, Apple iOS, desktop, website, dan perangkat IoT. Aplikasi ini membantu pengguna menghitung biaya listrik harian maupun bulanan secara efisien.
Penelitian ini mengeksplorasi tingkat kepuasan pengguna melalui pendekatan studi kasus di Desa Gedangan, Kabupaten Malang. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden merasa puas dengan pengalaman menggunakan aplikasi dalam menghitung tarif listrik. Mereka mengapresiasi kemudahan penggunaan fitur-fitur seperti perhitungan tarif listrik dan manajemen perangkat, serta memandang aplikasi ini memberikan hasil perhitungan yang dapat diandalkan.Aplikasi ini dianggap memberikan nilai tambah dalam pengelolaan penggunaan listrik dan memenuhi standar kualitas yang diharapkan dari sebuah aplikasi penghitung tarif listrik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Student ID: | 201710130311128 |
Keywords: | Metode EUCS, kepuasan pengguna, aplikasi penghitung listrik |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering (20201) |
Depositing User: | 201710130311128 201710130311128 |
Date Deposited: | 20 Jul 2024 04:20 |
Last Modified: | 20 Jul 2024 04:20 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8427 |