PERAN SAKENA FUND TERHADAP PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI AFGHANISTAN BIDANG PENDIDIKAN TAHUN 2018-2023

Sandika, Fira Syka Putri (2024) PERAN SAKENA FUND TERHADAP PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI AFGHANISTAN BIDANG PENDIDIKAN TAHUN 2018-2023. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I_Fira Syka Putri Sandika_202010360311051.pdf]
Preview
Text
BAB I_Fira Syka Putri Sandika_202010360311051.pdf

Download (477kB) | Preview
[thumbnail of BAB II_Fira Syka Putri Sandika_202010360311051.pdf]
Preview
Text
BAB II_Fira Syka Putri Sandika_202010360311051.pdf

Download (602kB) | Preview
[thumbnail of BAB III-Fira Syka Putri Sandika-202010360311051.pdf]
Preview
Text
BAB III-Fira Syka Putri Sandika-202010360311051.pdf

Download (711kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV-Fira Syka Putri Sandika-202010360311051.pdf] Text
BAB IV-Fira Syka Putri Sandika-202010360311051.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_Fira Syka Putri Sandika_202010360311051.pdf] Text
BAB V_Fira Syka Putri Sandika_202010360311051.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dari Sakena Fund dalam sektor pendidikan terutama bagi perempuan di negara Afghanistan, dalam rentang waktu 2018-2023. Dalam hal ini pendidikan merupakan isu krusial, terkhusus bagi perempuan di salah satu negara dengan keamanan yang buruk bagi perempuan, terlebih adanya rezim Taliban yang kembali berkuasa, Sakena fund dengan program Afghan Institute of Learning (AIL) menjadi NGO pelopor pertama yang menginspirasi terbukanya tempat pembelajaran lain setelah runtuhnya rezim Taliban pada 2001. Tulisan ini mengadopsi metode deskriptif-kualitatif dengan menggunakan kerangka konseptual women empowerment atau pemberdayaan perempuan, dengan tiga indikator pendukung. Diantaranya personal empowerment yang mencakup pada upaya pelatihan guru dan pengembangan keterampilan. Indikator kedua yakni relational empowerment dengan pendirian pusat pembelajaran (learning center) serta sekolah swasta, indikator ketiga social empowerment dengan memaksimalkan pemanfaatan media seperti televisi dan radio, penyediaan klinik bantuan hukum, dan pembentukan kelompok pemberdayaan bagi perempuan. Beberapa upaya tersebut merupakan peran yang tidak terlepas dari tujuan organisasi pada aspek pemberdayaan perempuan di sektor pendidikan. Pengumpulan data penulisan ialah dengan studi literatur yang bersumber dari buku, jurnal, laporan tahunan, serta sumber-sumber kredibel lainnya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa meskipun dihadapkan pada berbagai tantangan seperti regulasi Taliban, dampak pandemi COVID-19, Keterbatasan dana, serta sistem konservatif dan patriarki negara, Sakena Fund sebagai NGO tetap berkomitmen kuat dalam menjalankan program pendidikan perempuan di Afghanistan dengan cukup baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pemberdayaan Perempuan, Pendidikan, Perempuan Afghanistan, NGO.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations (64201)
Depositing User: 202010360311051 firasykaputrisandika
Date Deposited: 20 May 2024 01:57
Last Modified: 20 May 2024 01:57
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6292

Actions (login required)

View Item
View Item