Husna, Nisrina Nur and Astutik, Juli and Abidin, Zaenal (2022) Adaptasi dan Dukungan Sosial Pelajar Indonesia dalam Program Beasiswa Aziz Mahmud Hüdâyî Kız Kur’an Kursu di Turki. Sang Pencerah, 8 (3). pp. 767-784. ISSN 2655-2906,
Abidin Sukmana – Philanthropy Community Empowerment Lazismu.pdf
Download (262kB) | Preview
Similarity - Abidin Sukmana – Philanthropy Community Empowerment Lazismu.pdf
Download (2MB) | Preview
Abstract
Turki merupakan negara yang kaya akan peninggalan sejarah Islam yang kental dan banyaknya beasiswa pendidikan bagi pelajar asing sehingga Turki menjadi salah satu negara tujuan bagi pelajar Indonesia untuk menempuh pendidikan Islam. Salah satu beasiswa dari Kementrian Agama Turki adalah Aziz Mahmud Hüdâyî Kız Kur'an Kursu. Bertemunya berbagai kultur antara pelajar asing dalam proses menjalani kehidupan maupun pembelajaran di Turki, menimbulkan intensitas interaksi sosial antara pelajar asing yang dapat menimbulkan berbagai permasalahan. Penelitian ini membahas tentang adaptasi dan dukungan sosial pada pelajar Indonesia di Aziz Mahmud Hüdâyî Kız Kur’an Kursu, Turki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan adaptasi dan strategi individu juga pengaruh lingkungan sebagai dukungan sosial pada pelajar Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada pelajar aktif dan alumni Aziz Mahmud Hüdâyî Kız Kur’an Kursu menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan model studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatif dan wawancara mendalam serta membagikan kusioner tertutup. Validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Parsons, Sistem Sosial dan Teori Sarafino, Dukungan Sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dalam proses adaptasi pelajar Indonesia menghadapi kendala yang merupakan faktor penghambat adaptasi. Kendala tersebut merupakan sebuah tantangan bagi pelajar dan dukungan dari lingkungan sekitar merupakan faktor pendukung. Proses adaptasi dan dukungan sosial menjadi strategi pelajar Indonesia dalam bertahan hidup di Turki. Pelajar Indonesia menganggap bahwa negara Turki sebagai negara yang memiliki toleransi akan perbedaan kultur terutama guru yang membantu pelajar asing dalam penyesuaian di sekolah maupun di asrama.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Adaptasi Sosial; Beasiswa, Pelajar Indonesia; Dukungan Sosial; Turki |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social and Political Science > Department of Social Welfare (72201) |
Depositing User: | dianniswatus Dian Niswatus Saadah, S.Sos |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 02:51 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 02:51 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5151 |