IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI MA MUHAMMADIYAH 1 MALANG

Safitri, Laela (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI MA MUHAMMADIYAH 1 MALANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (979kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (814kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu 1) Menganalisis bagaimana Implementasi kurikulum merdeka pada hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Pendidikan Pancasila di MA Muhammadiyah 1 Malang. 2) Mendeskripsikan kendala dan solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala tersebut.
Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, pada penelitian ini teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan subjek penelitian waka kurikulum, guru mata pelajaran pendidikan Pancasila, dan beberapa siswa kelas X
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa lmplementasi kurikulum merdeka di MA Muhammadiyah 1 Malang baru dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024 di kelas X sedangkan kelas XI dan XII masih menggunakan K-13. Makadari itu MA masih berada pada tahap awal pelaksanaan kurikulum merdeka, namun jika melihat pada asasmen hasil belajar siswa diketahui bahwa siswa telah mampu memperoleh asasmen yang baik dengan dibuktikan tercapainya KKTP. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor yang beragam yaitu minat belajar siswa, kemampuan pemahaman siswa, metode pembelajaran yang digunakan, sarana dan prasarana, dan dukungan keluarga. Pelajaran Pendidikan Pancasila berfokus pada pengembangan karakter peserta didik dalam mengamalkan nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila, terdapat empat materi utama dalam implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mata pelajaran Pendidikan Pancasila mengacu pada enam dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu beriman dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 201710090311015
Keywords: Kurikulum Merdeka, Hasil belajar, Pendidikan Pancasila
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205)
Depositing User: 201710090311015 laelasafitri
Date Deposited: 19 Aug 2024 05:00
Last Modified: 19 Aug 2024 05:00
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10607

Actions (login required)

View Item
View Item