Safitri, Laela (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI MA MUHAMMADIYAH 1 MALANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.
PENDAHULUAN.pdf
Download (5MB) | Preview
BAB I.pdf
Download (979kB) | Preview
BAB II.pdf
Download (6MB) | Preview
BAB III.pdf
Download (814kB) | Preview
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (294kB) | Request a copy
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu 1) Menganalisis bagaimana Implementasi kurikulum merdeka pada hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Pendidikan Pancasila di MA Muhammadiyah 1 Malang. 2) Mendeskripsikan kendala dan solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala tersebut.
Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, pada penelitian ini teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan subjek penelitian waka kurikulum, guru mata pelajaran pendidikan Pancasila, dan beberapa siswa kelas X
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa lmplementasi kurikulum merdeka di MA Muhammadiyah 1 Malang baru dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024 di kelas X sedangkan kelas XI dan XII masih menggunakan K-13. Makadari itu MA masih berada pada tahap awal pelaksanaan kurikulum merdeka, namun jika melihat pada asasmen hasil belajar siswa diketahui bahwa siswa telah mampu memperoleh asasmen yang baik dengan dibuktikan tercapainya KKTP. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor yang beragam yaitu minat belajar siswa, kemampuan pemahaman siswa, metode pembelajaran yang digunakan, sarana dan prasarana, dan dukungan keluarga. Pelajaran Pendidikan Pancasila berfokus pada pengembangan karakter peserta didik dalam mengamalkan nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila, terdapat empat materi utama dalam implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mata pelajaran Pendidikan Pancasila mengacu pada enam dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu beriman dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Student ID: | 201710090311015 |
Keywords: | Kurikulum Merdeka, Hasil belajar, Pendidikan Pancasila |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205) |
Depositing User: | 201710090311015 laelasafitri |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 05:00 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 05:00 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10607 |