MENGGAGAS LIBERALISASI PENDIDIKAN ISLAM (Studi atas Pemikiran Pendidikan Paulo Freire dan Pemikir Pendidikan Islam di Indonesia Sejak Tahun 1990­an)

SU AGJA, SOLEH (2007) MENGGAGAS LIBERALISASI PENDIDIKAN ISLAM (Studi atas Pemikiran Pendidikan Paulo Freire dan Pemikir Pendidikan Islam di Indonesia Sejak Tahun 1990­an). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
MENGGAGAS_LIBERALISASI_PENDIDIKAN_ISLAM.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Eksistensi pendidikan Islam sebagai salah satu agen perubahan sosial dituntut untuk mampu mengimbangi atmosfir modernisasi dan globalisasi yang merambah pada berbagai aspek kehidupan. Keberadaannya diharapkan dapat bergerak secara dinamis dan proaktif terhadap berbagai kemajuan. Selain itu, kehadirannya diharapkan dapat membawa perubahan dan kontribusi berarti untuk kemajuan dan perbaikan umat Islam. Oleh karena itu, berbagai kekurangan dan kelemahan yang masih melanda pendidikan Islam seyogyanya menjadi perhatian umat untuk dicarikan solusinya. Sistem pendidikan yang masih terkungkung oleh sistem pendidikan tradisionalis serta ketimpangan­ketimpangan lainnya menjadikan kondisi pendidikan Islam semakin jauh tertinggal dari arus perubahan sosial dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang di masyarakat. Dengan demikian, perubahan atau pembaharuan pendidikan Islam adalah suatu keniscayaan untuk dapat mempertahankan eksistensinya di tengah berbagai goncangan problematika kehidupan umat. Ditengah derasnya berbagai model pendidikan yang baru, liberalisasi sistem pendidikan Islam menjadi pilihan alternatif yang diharapkan mampu membangkitkan pendidikan Islam dari keterpurukan dan ketertinggalan dari berbagai aspeknya. Bertolak dari hal tersebut dengan belajar dari para pengagas pembaharuan sistem pendidikan, skripsi ini mencoba menggagas liberalisasi pendidikan Islam dengan belajar dari pemikiran pendidikan Paulo Freire yang disintesiskan dengan pemikiran para pemikir pendidikan Islam di Indonesia sejak tahun 1990­an. Dengan mengambil pembelajaran dari kedua pemikiran pendidikan tersebut diharapkan dapat menghasilkan format alternatif liberalisasi pendidikan Islam yang mampu memberikan kontribusi berarti dan manfaat serta relevan dengan perkembangan sosial masyarakat. Sehubungan dengan permasalahan di atas, maka peneliti berusaha menganalisis pemikiran pendidikan Paulo Freire dan pemikir pendidikan Islam sejak tahun 1990­an di Indonesia, serta membuat format alternatif dari kedua gagasan tersebut yang terkemas dalam suatu rumusan: (1) Bagaimanakah gagasan pemikiran dan konsep pendidikan Paulo Freire sehingga terciptanya liberalisasi pendidikan. (2) Bagaimanakah gagasan pemikiran Para Pemikir Pendidikan Islam sejak tahun 1990 tentang konsep pendidikan Islam yang liberalis. (3) Bagaimanakah format alternatif liberalisasi pendidikan Islam sebagai wujud pembelajaran atas pemikiran pendidikan paulo freire dan pemikir pendidikan Islam di Indonesia sejak tahun 1990. Sedangkan, tujuan yang ingin dicapai dari penulisan skripsi ini adalah: (1) Menjelaskan gagasan pemikiran konsep pendidikan Paulo Freire tentang liberalisasi pendidikan. (2) Menjelaskan gagasan pemikiran Para Pemikir Pendidikan Islam di Indonesia sejak tahun 1990 sehingga menjadi konsep pendidikan Islam yang liberalis. (3) Menguraikan format alternatif liberalisasi pendidikan Islam sebagai wujud studi atas pemikiran pendidikan paulo freire dan pemikir pendidikan Islam di Indoneisa sejak tahun 1990. Pendekatan penelitian yang digunakan untuk dapat mencapai tujuan tersebut adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode kajian pustaka (studi pustaka), yaitu menelusuri literatur yang ada serta menelaahnya secara tekun. Dengan demikian, peneliti akan berusaha mengungkap berbagai data yang terdapat dalam berbagai literatur untuk dijadikan rujukan dalam penelitian ini. Sedangkan tahapan analisis data yang digunakan adalah tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini, dihasilkan bahwa gagasan liberalisasi pendidikan Islam tidak terlepas dari tiga unsur yang terdapat dalam liberalisasi pendidikan pada umumnya yaitu: Humanisme pendidikan, pembebasan pendidikan dan demokratisasi pendidikan. Ketiga ranah pemikiran pendidikan tersebut tidak hanya bersumber dari ajaran atau pemikiran Paulo Freire, tetapi juga dijustifikasi oleh para pemikir pendidikan Islam dengan mengambil landasan pemikirannya yang bersumber dari al­Quran dan hadits Nabi SAW. Selain itu, ketiga landasan pemikiran tersebut juga menjadi ruh teoritik dalam merumuskan atau menggagas format alternatif konsep liberalisasi pendidikan Islam. Akhirnya implikasi teoritis yang dapat diambil dari penelitian atau penulisan skripsi ini adalah berupaya menyempurnakan teori libealisasi pendidikan sebelumnya yang dipandang lebih berorientasi hanya pada kepentingan dunia semata. Selain itu, berbagai landasan liberalisasi pendidikan Islam yang bersumber dari al­Quran dan hadits Nabi SAW. semakin menjustifikasi atas penyempurnaannya tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Tarbiyah
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 23 Jun 2012 04:11
Last Modified: 23 Jun 2012 04:11
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/9213

Actions (login required)

View Item View Item