ANALISIS KESESUAIAN SOFTWARE ARITH-M-ATTACK DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN KOGNISI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BILANGAN

Sumarti, Rini (2007) ANALISIS KESESUAIAN SOFTWARE ARITH-M-ATTACK DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN KOGNISI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BILANGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_KESESUAIAN_SOFTWARE_ARIT1.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan suatu mata pelajaran yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan di Indonesia mulai dari tingkat pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Karena pendidikan merupakan salah satu hal penting untuk menentukan maju mundurnya suatu bangsa, maka untuk menghasilkan sumber daya manusia sebagai subyek dalam pembangunan yang baik, diperlukan modal dari hasil pendidikan itu sendiri. Dalam proses belajar mengajar di kelas terdapat keterkaitan yang erat antara guru, siswa, kurikulum, sarana dan prasarana. Guru mempunyai tugas untuk memilih model dan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang disampaikan demi tercapainya tujuan pendidikan. Matematika merupakan mata pelajaran yang bersifat abstrak, sehingga dituntut kemampuan guru untuk dapat mengupayakan metode yang tepat sesuai dengan tingkat perkembangan mental siswa. Untuk itu diperlukan model dan media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk mencapai kompetensi dasar dan indikator pembelajaran. Berkaitan dengan hal tersebut maka peneliti merencanakan pengembangan suatu pokok bahasan Matematika dengan bantuan komputer, dengan judul “Analisis Kesesuaian Software Arith-M-Attack Dengan Tingkat Perkembangan Kognisi Anak Pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bilangan”. Produk yang dianalisis ini berupa program game komputer yang dikembangkan dengan konsep pembelajaran matematika pada pokok bahasan bilangan, khususnya bilangan bulat. Berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap kesesuaian software Arith-M-Attack dengan tingkat perkembangan kognisi siswa, maka program komputer ini memiliki kesesuaian dengan tingkat kognisi anak pada usia periode pra-operasional (2 – 7 tahun), periode operasi konkrit (7 – 11/12 tahun), dan periode operasi formal (11 atau 12 tahun ke atas). Dengan demikian, program ini dapat dianggap sesuai untuk anak-anak atau siswa dengan usia antara 6 – 12 tahun ke atas. Berdasarkan analisis kesesuaian tersebut maka program Arith-M-Attack ini dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran matematika, khususnya pembelajaran penghitungan operasi dasar bilangan (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) pada siswa pendidikan dasar hingga menengah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 20 Jun 2012 04:23
Last Modified: 20 Jun 2012 04:23
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8708

Actions (login required)

View Item View Item