ANALISA PRODUK EKSPOR UNGGULAN PROPINSI JAWA TIMUR TAHUN 2000-2003

SETIANI, RATNA (2006) ANALISA PRODUK EKSPOR UNGGULAN PROPINSI JAWA TIMUR TAHUN 2000-2003. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISA_PRODUK_EKSPOR_UNGGULANPROPINSI_JAWA_TIMURTAHUN_2000-2003.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian diskriptif, yang bertujuan mencari data dan data yang ada diolah atau disusun kemudian dijelaskan dengan menganalisa data tersebut sesuai dengan kebutuhan penelitian dengan judul Analisa Produk Ekspor Propinsi Jawa Timur Tahun 2000-2003 . Penelitian ini bertujuan untuk mengidentivikasi produk ekspor unggulan Jawa Timur yang dilihat dari aspek kinerja ekspor dan tingkat daya saing ekspor. Alat analisa yang digunakan untuk mengidentivikasi produk ekspor unggulan Jawa Timur dengan menggunakan dua indikator yaitu ukuran kinerja ekspor yang dilihat dari laju pertumbuhan dan tingkat daya saing ekspor yang diukur dengan menggunakan metode pendekatan RCA ( Revealed Comparative Advantage). Hasil perhitungan dengan alat analisa tingkat kinerja ekspor yang diukur dengan laju pertumbuhan diperoleh urutan 10 besar komoditi ekspor Jawa Timur. Urutan laju peertumbuhan paling tinggi adalah produk Plastic and articles thereof dengan laju pertumbuhan sebesar 67.24 persen dan laju pertumbuhan paling rendah adalah produk Tobacco and manufc. Tobacco dengan laju pertumbuhan sebesar 20.60 persen pada tahun 2002-2003. Sedangkan hasil perhitungan dengan alat anlisa tingkat daya saing ekspor yang diukur dengan metode pendekatan analisa Revealed Comparative Advantage (RCA) diperoleh 10 besar produk unggulan Jawa Timur, dimana produk Wood and articles of wood menempati urutan pertama dengan indeks rata-rata sebesar 3.99 dan indeks yang paling rendah adalah produk Plastic and Articles thereof dengan indeks rata-rata sebesar 0,83 . Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk ekspor Jawa timur mempunyai keunggulan komparative diatas rata-rata dunia. Hal ini terlihat dari angka indeks RCA yang lebih besar dari 1. Dimana produk-produk tersebut merupakan produk unggulan ekspor yang mempunyai trend meningkat dan mampu merebut pasar dunia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Economics and Development Studies
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 24 Jul 2012 04:43
Last Modified: 24 Jul 2012 04:43
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12977

Actions (login required)

View Item View Item