PENGARUH FAKTOR KEPUASAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. BANK MANDIRI (Persero) Tbk. Cabang Malang

Santoso, Teguh (2006) PENGARUH FAKTOR KEPUASAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. BANK MANDIRI (Persero) Tbk. Cabang Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH FAKTOR KEPUASAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. BANK MANDIRI (Persero) Tbk. Cabang Malang.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan judul “Pengaruh Faktor Kepuasan kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Malang.” Tujuan Penelitian ini adalah Pertama untuk mengetahui faktor kepuasan kerja yang terdiri dari kerja yang secara mental menantang, pemberian ganjaran, kondisi kerja, rekan kerja, dan kesesuaian antara kepribadian-pekerjaan pada karyawan PT. Bank Mandiri Cabang Malang. Kedua untuk mengetahui kepuasan kerja karyawan pada PT. Bank Mandiri Cabang Malang, ketiga untuk mengetahui apakah faktor kepuasan kerja yang terdiri dari kerja yang secara mental menantang, pemberian ganjaran, kondisi kerja, rekan kerja, dan kesesuaian antara kepribadian-pekerjaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Bank Mandiri Cabang Malang, dan keempat untuk mengetahui faktor manakah yang paling berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Bank Mandiri Cabang Malang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan antara faktor kepuasan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan dengan menggunakan uji-F dan uji-t, sedangkan untuk mengetahui faktor manakah yang paling berpengaruh penulis menggunakan korelasi parsial. Sebelum melakukan pengujian tersebut, penulis telah menggunakan regresi linier berganda. Sementara untuk menguji kuesioner, penulis menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil analisis rentang skala menunjukkan bahwa faktor kepuasan kerja yang terdiri dari tantangan dalam pekerjaan pada karyawan PT. Bank Mandiri Cabang Malang termasuk dalam kategori menantang dengan nilai skor sebesar 181 yang berada pada rentang skala 180-233. Ganjaran termasuk dalam kategori sesuai dengan nilai skor sebesar 190 yang berada pada rentang skala 180-233. Kondisi kerja termasuk dalam kategori baik dengan nilai skor 185 yang berada pada rentang skala 180-233. Rekan kerja termasuk dalam kategori baik dengan nilai skor 183 yang berada pada rentang skala 180-233. Sedangkan kesesuaian kepribadian-pekerjaan termasuk dalam kategori tidak sesuai dengan nilai skor 178 yang berada pada rentang skala 126-179. Hasil regresi linier berganda dengan variabel faktor kepuasan kerja sebagai variabel bebas (X1,X2,X3,X4,X5) dan variabel kepuasan kerja sebagai variabel terikat (Y) sehingga diperoleh Y = 5,725+ 0,427X1 + 0,804 X2 + 0,317 X3 + 1,853 X4 + 0,620 X5 dengan nilai R2 sebesar 0,742. Dari hasil analisis uji-F diperoleh nilai FHitung sebesar 37,902 > nilai FTabel sebesar 2,37 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti variabel kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Dari hasil analisis uji-t diperoleh nilai thitung X1 sebesar 2,525 > ttabel sebesar 2,000. Untuk nilai thitung X2 sebesar 5,334 > ttabel sebesar 2,000. Untuk nilai thitung X3 sebesar 2,879 > ttabel sebesar 2,000. Untuk nilai thitung X4 sebesar 9,735 > ttabel sebesar 2,000. Untuk nilai thitung X5 sebesar 2,905 > ttabel sebesar 2,000.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 19 Jul 2012 02:57
Last Modified: 19 Jul 2012 02:57
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12480

Actions (login required)

View Item View Item