KAJIAN KESULITAN MATEMATIKA MATERI VOLUME DAN LUAS PERMUKAAN BALOK PADA PESERTA DIDIK KEJAR PAKET B DI DESA DONOWARIH KECAMATAN KARANGPLOSO

WIDYAWATI, WIWIK (2006) KAJIAN KESULITAN MATEMATIKA MATERI VOLUME DAN LUAS PERMUKAAN BALOK PADA PESERTA DIDIK KEJAR PAKET B DI DESA DONOWARIH KECAMATAN KARANGPLOSO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
KAJIAN_KESULITAN_MATEMATIKA_MATERI_VOLUME_DAN_LUAS_PERMUKAAN_BALOK_PADA_PESERTA_DIDIK_KEJAR_PAKET_B_DI_DESA_DONOWARIH_KECAMATAN_KARANGPLOSO.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Dalam proses belajar mengajar sering kali peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal volume dan luas permukaan balok, walaupun segala usaha yang dilakukan oleh tutor telah memenuhi syarat kurikulum, namun setelah dievaluasi hasilnya belum memuaskan. Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi pada peserta didik adalah kesalahan dalam pemahaman konsep atau sulitnya peserta menghafal rumus volume dan luas permukaan balok. Penelitian ini termasuk penelitian deskripsi, dengan jumlah populasi penelitian 24 peserta didik. Karena jumlah peserta yang relatif sedikit maka sampel diambil dari keseluruhan jumlah peserta didik. Pengambilan data yang dilakukan dengan menggunakan tes. Tes berbentuk essay dengan jumlah 10 soal. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis prosentase. Hasil analisis yang dilakukan diperoleh hasil bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh peserta didik dalam menyelesaikan soal volume dan luas permukaan balok terletak pada kesalahan konsep yaitu sebanyak 83 kesalahan atau 34,58%. Dari hasil penelitian ini disarankan agar para tutor matematika lebih menekankan pada konsep volume dan luas permukaan balok

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 09 Jul 2012 08:21
Last Modified: 09 Jul 2012 08:21
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11590

Actions (login required)

View Item View Item