ANALISIS PROSES PENGENDALIAN MANAJEMEN PADA PUSAT PENDAPATAN UNTUK MENILAI KINERJA PADA RUMAH SAKIT UMUM Dr. SAIFUL ANWAR DI MALANG

Wulansari, Tri (2006) ANALISIS PROSES PENGENDALIAN MANAJEMEN PADA PUSAT PENDAPATAN UNTUK MENILAI KINERJA PADA RUMAH SAKIT UMUM Dr. SAIFUL ANWAR DI MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_PROSES_PENGENDALIAN_MANAJEMENPADA_PUSAT_PENDAPATAN_UNTUK_MENILAI_KINERJAPADA_RUMAH_SAKIT_UMUM_Dr.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus pada sektor publik Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar Malang dengan judul “Analisis Proses Pengendalian Manajemen Pada Pusat Pendapatan Untuk Menilai Kinerja Pada Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar Di Malang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja pada Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar Malang ini jika dianalisis dari proses pengendalian manajemen pada pusat pendapatan. Dalam penelitian ini, penulis mengambil beberapa pusat pendapatan di RSU Dr. Saiful Anwar Malang, yaitu: Instalasi Rawat Inap (IRNA) I, Instalasi Rawat Inap (IRNA) II, Instalasi Rawat Inap (IRNA) III, dan Instalasi Rawat Inap (IRNA) IV. Analisis data yang digunakan penulis adalah menggunakan proses pengendalian manajemen dengan metode balanced scorecard. Proses pengendalian manajemen memiliki beberapa tahapan antara lain : (1) Perumusan strategi, (2) Perencanan Strategik, (3) Penyusunan Program, (4) Tahap Penganggaran, (5) Pelaporan Kinerja dan (6) Evaluasi Kinerja. Dari semua tahapan proses pengendalian manajemen akan dijabarkan melalui empat perspektif balanced scorecard, yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis intern, pembelajaran dan pertumbuhan. Dan penelitian ini juga menganalisis laporan surplus (defisit) dan analisis trend tahun 2004 dan 2005. Adapun standar penilaian hasil pelaksanaan kegiatan strategik adalah: (1) Baik, bila > 80%, (2) Cukup, bila antara 60% s.d 80%, (3) Kurang, Jika < 60%. Hasil pengukuran kinerja dengan menganalisis proses pengendalian manajemen pada pusat pendapatan menunjukkan kinerja IRNA I, IRNA II, IRNA III, dan IRNA IV dikatakan sangat baik karena telah memenuhi tahapan proses pengendalian manajemen dengan benar. Rata-rata nilai capaian program IRNA I (84,90%), IRNA II (83,99%), IRNA III (87,29%), dan IRNA IV (84,37%). Standar penilaian yang diperoleh masing-masing IRNA I, IRNA II, IRNA III, dan IRNA IV terkategori baik, tetapi jika dilihat dari proses pengendalian manajemen pada pusat pendapatan yang paling terbaik adalah IRNA I dan IRNA IV. Karena untuk penilaian atas pengendalian manajemen yang baik adalah terfokus bagaimana RSU Dr. Saiful Anwar Malang mampu mengevaluasi, mengawasi dan mengendalikan semuanya sesuai yang direncanakan, dianggarkan dan ditargetkan. Sedangkan nilai capaian program secara keseluruhan adalah sebesar 85,14%. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa secara keseluruhan kinerja pada pusat pendapatan IRNA I, IRNA II, IRNA III, & IRNA IV tahun 2005 adalah baik. Dan penulis menyarankan bahwa sebaiknya lebih mengefektifkan pengendalian manajemen, mengefesiensikan dana (anggaran), mengendalikan biaya untuk program kegiatan IRNA agar mencapai tujuan dan peningkatan kinerja yang baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 04 Jul 2012 07:09
Last Modified: 04 Jul 2012 07:09
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10988

Actions (login required)

View Item View Item