Digital Branding Melalui Media Sosial Instagram dalam Upaya menciptakan Brand Awareness (Studi pada Pengelola @tanduk.cafeeatery)

Sepbrina, Annisa (2024) Digital Branding Melalui Media Sosial Instagram dalam Upaya menciptakan Brand Awareness (Studi pada Pengelola @tanduk.cafeeatery). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3.pdf]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengelola Tanduk Cafe & Eatery melakukan digital branding melalui media sosial Instagram guna menciptakan brand awareness. Dalam konteks persaingan ketat di industri coffee shop di Kota Malang, digital branding menjadi strategi penting untuk menarik perhatian konsumen dan membedakan diri dari kompetitor. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, melibatkan wawancara mendalam dengan pemilik dan manajer Tanduk Cafe & Eatery, serta observasi dan dokumentasi dari akun Instagram @tanduk.cafeeatery.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tanduk Cafe & Eatery berhasil meningkatkan brand awareness melalui berbagai strategi digital branding yang meliputi penggunaan visual dan konten kreatif, promosi tematik, serta interaksi yang ramah dan dinamis dengan pelanggan. Penggunaan foto dan video berkualitas tinggi dengan pencahayaan alami, pengadaan kontes rutin, serta pembuatan konten video sitkom seperti “Tanduk Shifter” telah berhasil menciptakan keterhubungan emosional dengan audiens. Selain itu, desain poster yang khas dan logo yang konsisten digunakan untuk memperkuat identitas merek.
Penelitian ini memberikan kontribusi akademis dengan memperkuat teori branding digital melalui media sosial dan menawarkan saran praktis bagi pengelola bisnis serupa dalam memaksimalkan penggunaan Instagram untuk branding. Penggunaan konten kreatif, interaksi langsung dengan pelanggan, dan strategi promosi yang inovatif terbukti efektif dalam membangun brand awareness dan loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 201710040311275
Keywords: Digital Branding, Brand Awareness, Media Sosial, Instagram
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: 201710040311275 annisasep
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:34
Last Modified: 01 Aug 2024 07:34
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/9187

Actions (login required)

View Item
View Item