KOMUNIKASI POLITIK DALAM PEMILIHAN PRESIDEN 2024: ANALISIS GAYA KOMUNIKASI DALAM ISI PIDATO PRABOWO PADA KAMPANYE AKBAR 2024

Azmi, Aulia (2024) KOMUNIKASI POLITIK DALAM PEMILIHAN PRESIDEN 2024: ANALISIS GAYA KOMUNIKASI DALAM ISI PIDATO PRABOWO PADA KAMPANYE AKBAR 2024. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (452kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (559kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (498kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy

Abstract

Momen Pilpres 2024 merupakan peristiwa penting dalam perjalanan politik Indonesia. Pada kesempatan ini, calon-calon presiden akan berjuang gigih untuk memikat hati masyarakat dan memperoleh dukungan sebesar-besarnya dari berbagai kalangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya komunikasi yang digunakan oleh calon presiden Prabowo Subianto, dalam memahami pesan/makna tersembunyi yang ingin disampaikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif interpretatif dengan konsep analisis isi dan gaya komunikasi oleh Tubb dan Moss sebagai kajian konsep/teori. Penelitian ini menunjukkan bahwa Prabowo Subianto dalam pidatonya menunjukkan 6 dari 6 gaya komunikasi sebanyak 22 kali dengan 17 unit analisis. Prabowo dominan menunjukkan gaya komunikasi Controlling dan Dynamic, disusul dengan gaya Equalitarian, Structuring, Relinquishing, dan Withdrawal. Apabila ditinjau lebih dalam, gaya komunikasi Prabowo memiliki tendensi untuk melakukan persuasi, menarik perhatian audiens, pemberian stimulus sebagai rangsangan bertindak, hingga karakter demokratis yang ingin ditunjukkan. Hal tersebut dilakukan untuk tujuannya dalam memenangkan Pilpres 2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 202010040311129
Keywords: Komunikasi Politik, Gaya Komunikasi, Pemilihan Presiden, Tubb and Moss.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: 202010040311129 aaauliaazmi
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:45
Last Modified: 18 Jul 2024 07:45
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8298

Actions (login required)

View Item
View Item