PENGARUH LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN EDUWISATA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI CAFE SAWAH PUJON KIDUL, KABUPATEN MALANG

INZAGHI, SEPTYNDO ACHMAD (2023) PENGARUH LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN EDUWISATA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI CAFE SAWAH PUJON KIDUL, KABUPATEN MALANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I-1.pdf]
Preview
Text
BAB I-1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB III-1.pdf]
Preview
Text
BAB III-1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Cafe sawah merupakan salah satu tempat pariwisata keluarga yang sering
dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar. Cafe ini terletak di desa Pujon
Kidul kecamatan Pujon kabupaten Malang. Cafe ini berkonsep panorama yang
indah dengan dikelilingi pegunungan dan area persawahan sehingga memiliki
udara yang sejuk. Wisatawan juga dapat melakukan jasa edukasi tentang pertanian
ataupun peternakan sehingga memiliki daya tarik tersendiri dari tempat wisata
yang berada di desa tersebut. Selain itu di Cafe Sawah Pujon terdapat sentra
kuliner yang dimana para pengunjung dapat menikmati kuliner sesuai dengan apa
yang konsumen inginkan. Berdasarkan data pengunjung tahun 2019 terdapat total
946 kunjungan eduwisata dari berbagai wilayah ke caffe sawah, kunjungan tersbut
berasal dari luar wilayah seperti Bandung, Lombok, Jakarta, Cirebon, Bali,
Sumatera Selatan dan lainnya untuk melakukan kegiatan study banding maupun
diklat. Hal tersebut menjadikan peneliti tertarik melakukan penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui lokasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan
konsumen Café Sawah. Metode penelitian asosiatif kausal serta menggunakan
pendekatan mixed methods. Metode asosiatif kausal adalah penelitian yang
dimaksud mengungkapakan permasalahan yang berisifat hubungan, sebab, akibat,
antar dua variable atau lebih. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
adalah yaitu accidental sampling. Teknik pengambilan data dengan penyebaran
angket/kuesioner yang diberikan kepada konsumen Cafe Sawah.hasil penelitian
menunjukkan bahwasanya Kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan pada
kepuasan konsumen Café Sawah Pujon Kidul, kemudian disusul dengan aspek
lokasi yang turut berpengaruh pada kepuasan konsumen mereka dengan kategori
moderat. Pada aspek lokasi masih terdapat kekurangan terkait suasana di lokasi
Café yang tampak kurang natural akibat banyaknya modifikasi yang dilakukan,
sedangkan hal ini dapat menurunkan citra Café Sawah sebagai Café yang
bernuansa natural. Kemudian pada aspek kualitas pelayanan masih perlu
ditingkatkan dikarenakan pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan
konsumen, sehingga konsumen akan melakukan pembbelian ulang, hingga
merekomendasikannya kepada orang lain,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 201710210311041
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan,Lokasi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Science > Department of Agribusiness (54201)
Depositing User: 201710210311041 septyndoachmad
Date Deposited: 17 Jul 2024 09:27
Last Modified: 17 Jul 2024 09:27
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8256

Actions (login required)

View Item
View Item