Sriyanti, Sriyanti (2023) STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS CERITA PADA ANAK PRA-SEKOLAH DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN 1 LANDUNGSARI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.
PENDAHULUAN.pdf
Download (1MB) | Preview
BAB 1.pdf
Download (187kB) | Preview
BAB 2.pdf
Download (481kB) | Preview
BAB 3.pdf
Download (77kB) | Preview
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (248kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (50kB) | Request a copy
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil penelusuran dan penelitian pra riset yang dilakukan oleh peneliti tentang Strategi penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam berbasis cerita pada anak. Riset ini dilatarbelakangi oleh fenomena nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada anak, Peneletian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah adalah (1) Bagaimana strategi penanaman Pendidikan Agama Islam pada anak usia pra-sekolah dengan metode cerita. (2) Apa faktor pendukung dan penghambat metode cerita dalam penanaman nilai- nilai Pendidikan Agama Islam.
Metode yang digunakan dalam peneletian ini menggunakan peneletian kualitatif, adapun jenis penelitian yang digunakan didalam penelitian ini adalah studi kasus dan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh oleh peneliti di lapangan yaitu strategi penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam berbasis cerita pada anak pra-sekolah di TK Dharma Wanita Persatuan 1 Landungsari Jawa Timur yaitu guru terlebih dahulu mengklafisikasi sesuai dengan kemampuannya. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran berbasis cerita menggunakan media pembelajaran buku cerita untuk kelas kelompok A dan B, untuk metode yang digunakan guru ketika mengajarkan pembelajaran berbasis cerita memadu madakan beberapa metode dalam sekali pembelajaran yaitu metode tanya jawab, metode ceramah; metode intergratif dan metode reward untuk tahap evaluasi pembelajarannya yaitu setiap minggu melakukan evaluasi, dan setiap akhir semester mengadakan perlombaan seperti lomba penghafal surat pendek, lomba pengucapan pancasila, lomba melukis. Hambatan yang di hadapi Guru TK Dharma Wanita Persatuan 1 Landungsari adalah siswa yang masih ada tidak fokus saat pembelajaran berlangsungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Student ID: | 201810010311038 |
Keywords: | Strategy, instillation of values, story. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208) |
Depositing User: | 201810010311038 sriyantipaggmailcom |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 02:38 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 02:38 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/81 |