Pemaknaan Khalayak Dalam Kampanye #kebayagoestounesco di Instagram (Studi Resepsi Pengguna Fashion Pada Followers @Raniaayamin)

Hanum, Zamita Thufaila (2024) Pemaknaan Khalayak Dalam Kampanye #kebayagoestounesco di Instagram (Studi Resepsi Pengguna Fashion Pada Followers @Raniaayamin). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena kebaya kini kembali memancarkan eksistensinya melalui kampanye media sosial, gerakan kampanye #kebayagoestounesco memiliki tujuan sebagai seruan dalam mendukung pendaftaran kebaya menjadi warisan tak benda ke UNESCO, selain itu tujuan dari kampanye #kebayagoestounesco adalah untuk mempopulerkan kembali kebaya. Penelitian ini membahas terkait bagaimana pemaknaan khalayak dalam memaknai kampanye #kebayagoestounesco di media sosial instagram dengan studi resepsi pemerhati fashion pada followers @raniaayamin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemaknaan khalayak dalam memaknai kampanye #kebayagoestounesco di media sosial instagram dalam bentuk postingan infografis, video dan foto. Peneliti menggunakan Analisis Resepsi dari seorang ahli teori kritis dalam bidang kebudayaan yaitu Stuart Hall dengan tiga kategori yang ia kemukakan yaitu posisi dominan, posisi negosiasi, dan posisi oposisi. Peneliti melakukan wawancara terhadap enam informan dari followers @raniaayamin dengan karakter yang berbeda, berdasarkan hasil analisis dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa peneliti menemukan 3 jenis kategori posisi pemaknaan. Namun, dapat disimpulkan bahwa dalam pemaknaan khalayak tersebut seluruh informan lebih banyak setuju dan dominan dengan adanya issue-issue dalam kampanye #kebayagoestounesco dikarenakan berdasarkan latar belakang, pengalaman, lingkungan serta pemahaman oleh masing-masing informan terkait adanya kampanye #kebayagoestounesco. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggali dan memaknai lebih dalam data-data dari setiap pemaknaan khalayak, sehingga hasil yang diperoleh akan jauh lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 202010040311329
Keywords: Analisis Resepsi, Kampanye, Kebaya, #kebayagoestounesco, Instagram.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: 202010040311329 zamitathufailahanum02
Date Deposited: 11 Jul 2024 08:50
Last Modified: 11 Jul 2024 08:50
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8041

Actions (login required)

View Item
View Item