Hanum, Zamita Thufaila (2024) Pemaknaan Khalayak Dalam Kampanye #kebayagoestounesco di Instagram (Studi Resepsi Pengguna Fashion Pada Followers @Raniaayamin). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.
PENDAHULUAN.pdf
Download (2MB) | Preview
BAB I.pdf
Download (357kB) | Preview
BAB II.pdf
Download (298kB) | Preview
BAB III.pdf
Download (178kB) | Preview
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (269kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (163kB) | Request a copy
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Fenomena kebaya kini kembali memancarkan eksistensinya melalui kampanye media sosial, gerakan kampanye #kebayagoestounesco memiliki tujuan sebagai seruan dalam mendukung pendaftaran kebaya menjadi warisan tak benda ke UNESCO, selain itu tujuan dari kampanye #kebayagoestounesco adalah untuk mempopulerkan kembali kebaya. Penelitian ini membahas terkait bagaimana pemaknaan khalayak dalam memaknai kampanye #kebayagoestounesco di media sosial instagram dengan studi resepsi pemerhati fashion pada followers @raniaayamin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemaknaan khalayak dalam memaknai kampanye #kebayagoestounesco di media sosial instagram dalam bentuk postingan infografis, video dan foto. Peneliti menggunakan Analisis Resepsi dari seorang ahli teori kritis dalam bidang kebudayaan yaitu Stuart Hall dengan tiga kategori yang ia kemukakan yaitu posisi dominan, posisi negosiasi, dan posisi oposisi. Peneliti melakukan wawancara terhadap enam informan dari followers @raniaayamin dengan karakter yang berbeda, berdasarkan hasil analisis dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa peneliti menemukan 3 jenis kategori posisi pemaknaan. Namun, dapat disimpulkan bahwa dalam pemaknaan khalayak tersebut seluruh informan lebih banyak setuju dan dominan dengan adanya issue-issue dalam kampanye #kebayagoestounesco dikarenakan berdasarkan latar belakang, pengalaman, lingkungan serta pemahaman oleh masing-masing informan terkait adanya kampanye #kebayagoestounesco. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggali dan memaknai lebih dalam data-data dari setiap pemaknaan khalayak, sehingga hasil yang diperoleh akan jauh lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Student ID: | 202010040311329 |
Keywords: | Analisis Resepsi, Kampanye, Kebaya, #kebayagoestounesco, Instagram. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201) |
Depositing User: | 202010040311329 zamitathufailahanum02 |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 08:50 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 08:50 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8041 |