Syamsir, Putri Saviira Fauzia (2024) Kampanye Budaya Sensor Mandiri Melalui Media Sosial (Studi Kasus Pengelolaan Media Sosial TikTok @lsf_ri). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.
PENDAHULUAN (1) (1).pdf
Download (6MB) | Preview
BAB I (1).pdf
Download (3MB) | Preview
BAB II (1).pdf
Download (5MB) | Preview
BAB III (1) (1).pdf
Download (1MB) | Preview
BAB IV (1).pdf
Restricted to Registered users only
Download (12MB) | Request a copy
BAB V (1).pdf
Restricted to Registered users only
Download (540kB) | Request a copy
Abstract
Lembaga Sensor Film (LSF) Republik Indonesia merupakan lembaga yang bertanggung jawab untuk menyensor film dan konten visual lainnya. LSF memanfaatkan media sosial TikTok untuk melaksanakan kampanye budaya sensor mandiri. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya memilah dan memilih konten yang sesuai dengan klasifikasi usia, serta mempromosikan film-film Indonesia yang telah lulus sensor. Penelitian ini menganalisis strategi kampanye budaya sensor mandiri pada media sosial Tik Tok@lsf_rii.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mengamati strategi pembuatan konten, penggunaan hashtag, keterlibatan Key Opinion Leaders (KOL), serta kolaborasi dengan aktor dan influencer. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, dokumentasi, dan wawancara dengan tim publikasi LSF.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi di Tik Tok sebagai media kampanye berhasil meningkatkan engagement dan awareness masyarakat terhadap LSF dan kampanye budaya sensor mandiri. Konten-konten edukasi yang disajikan dengan pendekatan kreatif dan menarik, serta pemanfaatan fitur-fitur TikTok seperti penggunaan sound yang sedang tren dan hashtag. terbukti memberikan kosntribusir yang besar dalam menjangkau audiens yang lebih luas, terutama generasi muda. Selain itu, kolaborasi dengan artis atau influencer meningkatkan reach die trust terhadap pesan yang disampaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Student ID: | 202010040311031 |
Keywords: | Kampanye, Budaya Sensor Mandiri, Media Sosial, Tiktok |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201) |
Depositing User: | 202010040311031 ziaa |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 07:46 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 07:46 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8031 |