REPRESENTASI PENETRASI KOREAN HALLYU PADA IKLAN YOUTUBE (Analisis Semiotika Dalam Iklan Pop Ice Uyu Korean Milky Drink)

Yulia, Hani (2024) REPRESENTASI PENETRASI KOREAN HALLYU PADA IKLAN YOUTUBE (Analisis Semiotika Dalam Iklan Pop Ice Uyu Korean Milky Drink). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V .pdf] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (38MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan zaman telah membawa banyak sekali kebudayaan hingga hal-hal baru di Indonesia, salah satunya melalui Fenomena Korean Hallyu. Yang tanpa kita sadari melalui produk-produk dari Korean Hallyu sendiri, atau yang akrab disebut Korean Waves itu juga diminati banyak masyarakat di Indonesia. Dari banyaknya peminat akan produk-produk berbasis K-Pop, K-Food, K-Style tersebut, akhirnya membuat banyak Brand asli dari Indonesia yang melahirkan produknya bertemakan Korean Hallyu. Salah satu brand tersebut ialah Pop Ice Indonesia. Anak dari PT. Forisa tersebut telah meluncurkan produk minuman bubuknya, yaitu Pop Ice Uyu Korean Milky Drink dengan tagline Susu Asli dari Korea. Dimana dalam peluncuran produknya, menggunakan banyak media untuk menyebarkan luaskan pesan kepada audience. Salah satunya melalui video iklan, yang berdurasi 30 detik dalam akun youtube Pop Ice Indonesia yang berjudul POP ICE UYU 30S. Dalam iklannya tersebut, Pop Ice mengusung tema iklan yaitu Korean Hallyu. Dalam iklannya tentu saja membawa pesan akan Produk dari Korean Hallyu. Dan melalui penelitian kualitatif ini, akan mengkaji berdasarkan paradigma kritis yang menggunakan teori Analisis Semiotika Peirce (Tanda, Objek, Interpretan). Untuk melihat gambaran dari Representasi penetrasi Korean Hallyu apa saja yang ada dalam iklan Pop Ice Uyu Korean Milky Drink. Sejalan dengan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan adanya gambaran akan penetrasi Korean Hallyu dalam cuplikan scene scene yang terpilih. Dan diperkuat dengan teori juga data dari dokumen-dokumen yang telah di analisis. Seperti munculnya berbagai macam gambaran dari isu-isu yang hadir akibat, masuknya korean Hallyu di Indonesia. Isu isu tersebut meliputi ikon ibu kota seoul, Korean Style, Korean Pop, Korean Finger Heart Sign, Banana Uyu, hingga Minuman Tradisional Korea Selatan. Yang mana itu semua merupakan gambaran dari representasi penetrasi korean hallyu dalam iklan Youtube Pop Ice Uyu Korean Milky Drink.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 202010040311310
Keywords: Korean Hallyu, Korean Pop, Pop Ice Indonesia, Iklan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: 202010040311310 haniyulia
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:11
Last Modified: 11 Jul 2024 07:11
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8020

Actions (login required)

View Item
View Item