siswoyo, Hilda Nur Efitasari (2024) ANALISIS PROGRAM PUSPAGA (PUSAT PEMBELAJARAN KELUARGA) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SDN GIRIPURNO 02 KOTA BATU. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.
PENDAHULUAN.pdf
Download (1MB) | Preview
BAB I.pdf
Download (466kB) | Preview
BAB II.pdf
Download (353kB) | Preview
BAB III.pdf
Download (467kB) | Preview
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (785kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (225kB) | Request a copy
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini mengkaji Program PUSPAGA (Pusat Pembelajaran Keluarga) dalam pengajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas II SDN Giripurno 02 Batu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Program PUSPAGA dalam pengajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas II dan mengidentifikasi faktor pendukungnya di SDN Giripurno 02 Batu.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan melibatkan pendidik kelas II SDN Giripurno 2 Batu sebagai subjek penelitian. Penelitian ini diperlukan 4 instrumen penelitian yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapang. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, kesimpulan/validasi data. Sedangkan keabsahan data dilakukan dengan Triangulasi Teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program PUSPAGA di SDN Giripurno 02 Batu menawarkan 3 layanan dalam pengajaran Bahasa Indonesia kepada siswa kelas II Hak dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, pendidikan pemanfaatan waktu luang dan budaya. Program ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa siswa secara komprehensif dan efektif, hal ini dikaitkan dengan empat aspek pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II. Penelitian ini menyoroti pentingnya Program PUSPAGA (Pusat Pembelajaran Keluarga) dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Indonesia bagi siswa kelas dua dan menekankan peran lingkungan keluarga, pendidikan, dan kegiatan budaya. Implikasi dari penelitian ini menggaris bawahi pentingnya pengalaman belajar bahasa yang komprehensif dan efektif bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Student ID: | Hilda Nur Efitasari |
Keywords: | Analisis, Program PUSPAGA (Pusat Pembelajaran Keluarga), pembelajaran Bahasa Indonesia. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206) |
Depositing User: | 202010430311084 hildaefita197gmailcom |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 07:01 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 07:01 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/7173 |