ANALISIS YURIDIS SOSIOLOGIS PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN PADA TIDAK TERCANTUMNYA HARGA MENU MAKANAN (STUDI KASUS DI RUMAH MAKAN WILAYAH KOTA MEDAN)

Nasution, Abdul Malikurrazak (2024) ANALISIS YURIDIS SOSIOLOGIS PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN PADA TIDAK TERCANTUMNYA HARGA MENU MAKANAN (STUDI KASUS DI RUMAH MAKAN WILAYAH KOTA MEDAN). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (338kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy

Abstract

Pelaku usaha rumah makan di Kota Medan tidak mencantumkan daftar harga menu makanan dan minuman yang diperdagangkan, hal ini berdampak pada tercederainya hak-hak konsumen mengingat bahwasanya kosumen memiliki kedudukan yang lebih rendah dibandingkan pelaku usaha. Kedudukan konsumen yang lemah ini disebabkan oleh ketidaktahuannya mengenai hak-hak yang ada dalam diri konsumen tersebut, kondisi daya tawar konsumen, serta praktik penjualan pelaku usaha yang curang. Dengan tidak adanya keberadaan daftar harga pada rumah makan di Kota Medan membuat konsumen merasa dirugikan sehingga melakukan complaint. tulisan ini bertujuan untuk menganalisis penyebab pelaku usaha rumah makan di Kota Medan tidak mencatumkan harga makanan, perlindungan hukum pembeli yang dirugikan atas tidak tercantumnya harga makan oleh pelaku usaha di Kota Medan ditinjau dari perspektif hukum perjanjian jual beli, dan bentuk tanggung jawab pelaku usaha terhadap konsumen yang dirugikan di Kota Medan atas penjualan makanan yang tidak mencantumkan harga. Metode penelitian yang dipakai yuridis sosiologis dengan cara melakukan wawancara terhadap pelaku usaha serta konsumen yang pernah complaint. Para pelaku usaha rumah makan di Kota Medan berdalih penyebab tidak mencantumkan harga karena bahan pokok yang sedang mengalami kenaikan, lokasi yang berada di lingkungan masyarakat, dan pembeli dapat menanyakan langsung mengenai harga. Sudah sepatutnya para pihak dalam melakukan perjanjian memperhatikan syarat sah serta asas yang terkandung didalam perjanjian agar terciptanya perjanjian yang diimpikan tanpa adanya pelanggaran. Para pelaku usaha rumah makan di Kota Medan dalam menangani complaint konsumen tidak menunjukkan perbuatan bertanggung jawab sebagaimana yang diatur dalam UUPK

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 202010110311537
Keywords: Harga menu, Perlindungan Konsumen, UUPK
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: 202010110311537 abdmalikurrazak
Date Deposited: 10 Jun 2024 08:16
Last Modified: 10 Jun 2024 08:16
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6963

Actions (login required)

View Item
View Item