Pendampingan Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik Matematika untuk Mendesain Pembelajaran Beriferensiasi di Sekolah Dasa

Roisatul, Falistya and Sulistyani, Nawang and Archi Maulyda, Mochammad and Deviana, Tyas (2024) Pendampingan Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik Matematika untuk Mendesain Pembelajaran Beriferensiasi di Sekolah Dasa. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8 (1). 0771 -0779. ISSN 2614-526X

[thumbnail of Roisatul Sulistyani Maulyda Deviana - Pendampingan Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik.pdf]
Preview
Text
Roisatul Sulistyani Maulyda Deviana - Pendampingan Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik.pdf

Download (548kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Roisatul Sulistyani Maulyda Deviana - Pendampingan Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik.pdf]
Preview
Text
Similarity - Roisatul Sulistyani Maulyda Deviana - Pendampingan Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu kesulitan yang dialami guru di sekolah mitra dalam implementasi kurikulum merdeka
yaitu mendesain pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran matematika. Hal penting yang
harus dilakukan guru dalam merancang pembelajaran berdiferensiasi adalah melakukan asesmen
diagnostic yang dapat membantu guru dalam mengidentifikasi kebutuhan dan memetakan
kemampuan siswa. Tujuan kegiatan ini adalah melakukan pendampingan penyusunan instrument
asesmen diagnostic matematika untuk mendesain pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar.
Metode yang digunakan untuk mengatasi permasalahan mitra yaitu melalui kegiatan: 1) workshop
penyusunan instrumen asesmen diagnostik; 2) pendampingan penyusunan instrumen asesmen
diagnostik; 3) implementasi asesmen diagnostik; 4) monitoring dan evaluasi; serta 5) pelaporan.
Keberhasi;an program pengabdian kepada masyarakat ini ditunjukkan adanya peningkatan hasil pretest
dan
post-test
pengetahuan
guru
tentang
konsep
dan
penyusunan
instrument
asesmen
diagnostic.

Instrument

assessment diagnostic yang telah disusun berdasarkan hasil pendampingan, digunakan
guru sebagai acuan dalam mendesain pembelajaran berdiferensiasi. Kelas yang bediferensiasi dapat
menyajikan jalan yang berbeda dalam rangka memperoleh pengetahuan, memahami ide-ide dan
mengembangkan produk sehinga pembelajaran terlaksana secara efektif.

Item Type: Article
Keywords: asesmen diagnostic; instrumen asesmen; kurikulum Merdeka; pembelajaran berdiferensiasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: tyasdefiana Tyas Defiana
Date Deposited: 16 May 2024 04:54
Last Modified: 16 May 2024 04:54
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6322

Actions (login required)

View Item
View Item