Deviana, Tyas and Sulistyani, Nawang (2021) Implementasi Kuis Interaktif Berbasis HOTS Berorientasi Kearifan Lokal Daerah Melalui Aplikasi Quizizz di Sekolah Dasar. PRIMARY: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 10 (1). pp. 159-173. ISSN P-ISSN : 23031514 E-ISSN : 25985949
Deviana Sulistyani - Implementasi Kuis Interaktif Berbasis HOTS Berorientasi Kearifan Lokal.pdf
Download (518kB) | Preview
Similarity - Deviana Sulistyani - Implementasi Kuis Interaktif Berbasis HOTS Berorientasi Kearifan Lokal.pdf
Download (5MB) | Preview
Abstract
Pandemi covid 19 menyebabkan perlu dilakukan adaptasi semua bidang, termasuk
pada bidang pendidikan.yaitu adanya pembelajaran daring (online). Banyak lembaga yang
melakukan peningkatan SDM melalui pelatihan untuk penyusunan perangkat pembelajaran
daring. Hasilnya yaitu guru mampu membuat kuis interaktif HOTS berorientasi kearifan lokal
Kab. Tulungagung melalui aplikasi quizizz sekaligus pengimplemenatiannya. Tujuannya yaitu
agar kuis interaktif melalui aplikasi quizizz bisa diterapkan dan memberikan manfaat pada
pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskrptif, yang
bertujuan untuk menganalisis implementasi kuis interaktif berbasis HOTS berorientasi
kearifan lokal Kab. Tulungagung. Ruang lingkup pada penelitian ini meliputi pembuatan soal,
pelaksanaan kuis interaktif, sampai dengan evaluasi. Penelitian melibatkan peserta didik di
kelas V SDN Mojosari 1 sebanyak 25 peserta didik dengan 11 laki-laki dan 14 peserta didik
perempuan. Imlementasi yang dimaksud pada penelitian ini dimuali dari tahap perencanaan,
pelaksanaan, sampai tahap evaluasi pelaksanaan kuis interaktiif di SD Mojosari 1. Hasilnya
yaitu, tahap perencanaan dimulai dari pembuatan pembuatan kisi-kisi soal kemudian diubah
menjadi soal pilihan ganda dengan memperhatikan HOTS berbasis kearifan lokal Kab.
Tulungagung. Berdasarkan pelaksanaan, diperoleh hasil keefektifan kuis interaktif sebesar
88%. Evaluasi pelaksanaan kuis interaktif HOTS berbasis kearifan local Kab. Tulungagung
dari Forum Group Discusion (FGD) diperoleh hasil, 1) kuis interaktif melalui aplikasi quizizz
diperlukan sebagai salah satu instrumen penilaian pembelajaran daring; 2) penggunaan kuis
interaktif memudahkan guru untuk memberikan penilaian tanpa harus melakukan
pengkoreksian secara manual sekaligus dapat menganalisis soal yang dibuat
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Interactive Quiz, HOTS, Local Wisdom, Quizziz Aplication |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206) |
Depositing User: | tyasdefiana Tyas Defiana |
Date Deposited: | 16 May 2024 04:54 |
Last Modified: | 16 May 2024 04:54 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6244 |