Firdhana Nurmeidita, Lian and Widodo, Rohmad and Fatimah, Synaroch (2024) Implementasi Metode STAD (Student Teams Achievement Division) Berbantuan Media Video Interaktif untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Di Kelas XI-7. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan;, 12 (1). ISSN 2614509X
Numeidita Widodo Fatimah - Implementasi Metode STAD.pdf
Download (413kB) | Preview
Similarity - Numeidita Widodo Fatimah - Implementasi Metode STAD.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas VII di SMPN 26
Malang dengan mengimplementasikan Metode Student Teams Achievement Division (STAD)
dengan berbantuan media video interaktif. Metode STAD merupakan sebuah metode tipe
pembelajaran kooperatif yang menekankan interaksi antar siswa untuk saling memotivasi
dan saling membantu dalam menguasai materi secara maksimal. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
studi dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi metode STAD
dengan berbantuan media video interaktif berdampak positif terhadap peningkatan
keaktifan siswa kelas XI SMAN 2 Batu. Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode
STAD dan media video pembelajaran menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap
keaktifan individu dan kelompok belajar siswa sebesar 28% dan 58%
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | STAD, Video Interaktif, Keaktifan Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205) |
Depositing User: | rohmad Rohmad Widodo Drs. M.Si. |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 06:58 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 06:58 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3346 |