PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS WEB PADA MATERI TEKS NARASI KELAS 4

Sahra, Amanda Aurel Halimatus (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS WEB PADA MATERI TEKS NARASI KELAS 4. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Materi pelajaran Bahasa Indonesia sangatlah penting di bidang pendidikan. Pada pelajaran Bahasa Indonesia tidak bisa hanya disampaikan melalui informasi atau hanya dengan teori-teori saja. Media pembelajaran bahasa Indonesia berbasis web adalah media pembelajaran yang di dalamnya berisi materi, video pembelajaran, dan kuis yang berbentuk game.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis web pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks narasi. (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis web pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks narasi.
Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: (1) tahap analisis, (2) Tahap perancangan, (3) tahap pengembangan, (4) tahap implementasi, tahap evaluasi. Tahap analisis dilakukan untuk mengetahui kondisi di lapangan serta mengumpulkan informasi. Tahap perancangan dilakukan dengan penyusunan media pembelajaran berbasis web dengan analisis kebutuhan peserta didik. Tahap Tahap pengembangan dilakukan oleh validasi ahli materi dan ahli media, respon peserta didik serta angket respon guru. Tahap implementasi dilakukan uji coba produk pada peserta didik. Tahap evaluasi merupakan tahap akhir dari proses pengembangan terkait pengembangan media berbasis web pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks narasi kelas 4.
Hasil penelitian dari penilaian ahli materi dan ahli media menyatakan bahwa media pembelajaran berbasis web layak digunakan. Persentase yang didapat dari ahli materi sebesar 77,8% menyatakan bahwa materi layak diuji cobakan di lapangan tanpa revisi. Penilaian dari ahli media mendapat persentase sebesar 89,28% menyatakan bahwa layak diuji cobakan di lapangan tanpa revisi. Nilai dari hasil angket peserta didik mendapat persentase sebesar 90,22% menyatakan bahwa media tersebut sangat membantu peserta didik dalam pemahaman pembelajaran. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis web dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi teks narasi kelas 4 sangat baik dan layak digunakan pada sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 202010430311160
Keywords: Media Pembelajaran, Web, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: 202010430311160 202010430311160
Date Deposited: 14 Jan 2025 08:12
Last Modified: 14 Jan 2025 08:12
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13604

Actions (login required)

View Item
View Item