Fauzi, Afan Anwar (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INDOMINI WARISAN KITA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.
BAB II.pdf
Download (218kB) | Preview
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (766kB) | Request a copy
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only
Download (144kB) | Request a copy
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (12MB) | Request a copy
BAB I.pdf
Download (205kB) | Preview
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (302kB) | Request a copy
PENDAHULUAN.pdf
Download (761kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Indomini Warisan Kita pada mata pelajaran IPAS di siswa Sekolah Dasar Kelas IV. Diharapkan media tersebut bisa memenuhi kebutuhan belajar siswa yang efektif, efisien dan praktis baik secara konseptual dan prosedural. Penelitian ini berawal dari peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Jatikerto mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran Indonesia Kaya Budaya. Hal tersebut dikarenakan saat pembelajaran masih berpusat pada guru dan hanya menggunakan media pembelajaran seperti papan tulis, globe maupun peta. Siswa cenderung tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran dan pembelajaran masih tergolong teacher centered, mereka juga berjalan-jalan di kelas dan tidak memperhatikan guru saat menyampaikan materi. Hal tersebut mengakibatkan siswa kurang aktif dan tidak memahami materi yang dijelaskan oleh guru. Maka diperlukan media pembelajaran yang menyenangkan dan tidak hanya berpusat pada guru.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Alasan penggunakan model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran yaitu model pengembangan yang tahapan kerjanya sistematik dan sangat sederhana. Tahap pertama, dilakukan untuk mengetahui kebutuhan yang ada di lapangan. Tahap kedua, perancangan bahan ajar mulai dari pembuatan cover, penyusunan materi sampai dengan pemilihan desain yang cocok untuk bahan ajar tersebut. Tahap ketiga, bahan ajar yang telah dirancang akan dibuat menjadi sebuah produk kemudian dilakukan validasi kepada ahli materi dan ahli bahan ajar. Tahap keempat, proses implementasi di lapangan. Tahap kelima, evaluasi yang dilakukan dengan menyebar angket respon kepada guru kelas dan peserta didik.
Hasil validasi ahli materi mendapatkan perolehan skor sebesar 78,125% dan validasi ahli media mendapatkan sebesar 75%. Hasil perolehan angket respon siswa mendapatkan skor sebesar 95,8% dari 24 siswa, dan hasil respon guru semuanya mendapatkan centang Ya. Perolehan nilai hasil soal evaluasi mendapatkan nilai rata – rata sebesar 87,91 dan soal LKPD mendapatkan nilai rata-rata sebesar 97,08. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran Indomini Warisan Kita berjalan dengan baik dan membantu siswa untuk memahami materi Indonesia Kaya Budaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Student ID: | 202010430311161 |
Keywords: | media pembelajaran, IPAS, indomini, warisan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206) |
Depositing User: | 202010430311161 afananfauzi |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 08:26 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 08:26 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13601 |