Ermawan, Satyawira Adhyoga (2023) Implementasi Design Thinking dalam Pembuatan Desain Antarmuka Aplikasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Perum Jasa Tirta I Berbasis Mobile. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.
PENDAHULUAN.pdf
Download (2MB) | Preview
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (338kB) | Request a copy
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (506kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (528kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (329kB) | Request a copy
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (729kB) | Request a copy
POSTER.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB) | Request a copy
Abstract
“Perum Jasa Tirta I” atau Perusahaan Umum Jasa Tirta I, merupakan sebuah badan usaha milik negara yang berfungsi dalam menangani pengelolaan serta pengusahaan sumber daya air (SDA). Perusahaan ini memiliki salah satu layanan keterbukaan informasi publik yang bernama PPID atau disebut Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi yang mempunyai tanggung jawab atas pelaksanaan informasi publik yang mencakup prosedur untuk menyimpan, mendokumentasikan, dan menyediakan layanan informasi publik di Perum Jasa Tirta I. Pihak perusahaan menginginkan adanya transformasi aplikasi E-PPID ke dalam bentuk mobile yang nantinya akan mentransformasi layanan publik, meningkatkan mobilitas pengguna, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengguna. Berdasar permasalahan tersebut, salah satu solusi yang diberikan yaitu dengan merancang desain antarmuka pengguna aplikasi E-PPID berbasis mobile yang menciptakan sebuah hasil akhir dalam bentuk prototype high-fidelity. Sehingga dengan harapan dapat mempermudah pengguna dalam melakukan pengajuan terkait informasi dan dokumentasi perusahaan dan dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Proses penyusunan desain antarmuka menggunakan pendekatan design thinking yang mencakup 5 tahapan antara lain empathize, define, ideate, prototype, dan test. Pengujian dilakukan dengan metode single ease question dengan cara mengoperasikan prototype sesuai tugas dalam bentuk ‘use case scenario’. Berdasarkan rentang nilai pada tabel nilai SEQ, didapatkan nilai rata-rata yang diperoleh dari keseluruhan skala nilai pengujian menggunakan metode Single Ease Question sebesar 6,71 dimana masuk ke dalam skala nilai mudah yang berarti dapat dengan mudah digunakan oleh responden dan calon pengguna aplikasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Student ID: | 201910370311321 |
Keywords: | User Interface, Design Thinking, Mobile, Perum Jasa Tirta I, Single Ease Question |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201) |
Depositing User: | 201910370311321 adhyogasatya |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 06:08 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 06:08 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/1240 |