SISTEMATIK LITERATUR REVIEW: PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI TERHADAP KOMPETENSI SISWA DI INDONESIA

Permatasari, Finandea Tika (2024) SISTEMATIK LITERATUR REVIEW: PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI TERHADAP KOMPETENSI SISWA DI INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang dilakukan ingin mendeskripsikan pembelajaran biologi terhadap kompetensi siswa di Indonesia. Pembelajaran biologi yang dilakukan dibatasi kepada model pembelajaran Project Based Learning. Melalui metode SLR (Systematic Literature Review) dengan kriteria yang ditentukan yaitu publikasi pada rentang tahun 2018-2024 yang sudah terindeks Sinta 1 sampai Sinta 6 baik menggunakan Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Inggris. Peneliti mendapatkan kesimpulan yang terdiri dari : (1) data trend publikasi untuk model pembelajaran biologi banyak dilakukan pada tahun 2023 dengan jumlah 14 publikasi; (2) penyajian data ragam penelitian menunjukkan bahwa penelitian dengan metode eksperimen banyak dipergunakan dengan jumlah 15 publikasi; (3) kompetensi yang diukur pada siswa banyak didominasi oleh penelitian dengan kemampuan berpikir kreatif yang berjumlah 7 publikasi; (4) subjek penelitian banyak pada tingkat SMA (Sekolah Menengah Atas) dengan jumlah 19 publikasi. Terakhir, (5) peningkatan kemampuan biologi dari model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) didominasi oleh peningkatan soft skill dengan jumlah 22 publikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 201810070311013
Keywords: Project Based Learning (PjBL), Sistematik Literatur Review, Kompetensi, Pembelajaran Biologi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: 201810070311013 finandeatika
Date Deposited: 28 Oct 2024 03:34
Last Modified: 28 Oct 2024 03:35
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11871

Actions (login required)

View Item
View Item