EFEKTIVITAS PLATFORM INSTAGRAM @RUM.POEN TERHADAP TINGKAT EDUKASI ISU GENDER PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2020)

Haiqal, Balqis Alfira (2024) EFEKTIVITAS PLATFORM INSTAGRAM @RUM.POEN TERHADAP TINGKAT EDUKASI ISU GENDER PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2020). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of Pendahuluan.pdf]
Preview
Text
Pendahuluan.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (451kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Efektivitas penggunaan Instagram sebagai alat komunikasi dapat diukur dari sejauh mana kegiatan dalam berkomunikasi melalui sebuah Instagram dalam mendapatkan atau menghasilkan sebuah pengaruh pencapaian atau tujuan yang telah ditargetkan. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Effect oleh Sven Windahl pada tahun 1979. Pada aspek efektivitas, penelitian ini mengacu pada indikator efektivitas komunikasi dari Andre Hardjana yang terdiri dari 6 indikator yakni komunikan, isi pesan, ketepatan waktu, media komunikasi format pesan, dan sumber pesan. Kemudian pada aspek dampak dari keberhasilan efektivitas mengacu pada Liliweri yang terdapat 3 efek yaitu kognitif, afektif, dan konatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat efektivitas platform instagram @Rum.poen terhadap tingkat edukasi isu gender pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2020) yang terbukti dengan uji F, yang diketahui nilai F sebesar 11.525 dengan nilai probability value (Sig.) sebesar 0.001 yang mana nilai tersebut kurang dari 0.05. Hasil ditemukan koefisien regresi linear sederhana sebesar 1.089 serta koefisien determinasi sebesar 13.3%. Sedangkan besar efektivitasnya sebesar 85.35% yang dapat dikatakan sangat efektif sebagai sarana edukasi isu gender.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 202010040311157
Keywords: Efektivitas Komunikasi, Platform Instagram, Tingkat Edukasi, Isu Gender, Mahasiswa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: 202010040311157 alfirahaikal
Date Deposited: 23 Oct 2024 10:15
Last Modified: 23 Oct 2024 10:15
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11676

Actions (login required)

View Item
View Item