IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN AZZAHIRO MALANG

Prayoga, Gilang Rafki Dwi Prayoga (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN AZZAHIRO MALANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran al Quran merupakan salah satu Pendidikan agama sangat penting, sehingga belajar al-Qur’an menjadi suatu kewajiban dan harus ada dalam setiap dunia pendidikan umat Islam. Pendidikan ini juga merupakan hak dasar umat Islam belajar sebagaimana dalam Peraturan menteri agama republik indonesia nomor 13 tahun 2014 tentang pendidikan agama islam. Hasil survei yang dilakukan oleh Al-Quran Institute (IIQ) menunjukkan bahwa 65% penduduk Indonesia tidak bisa membaca atau menulis Al-Quran. Dewan Dakwah Islam Indonesia (DDII) menilai persoalan ini menjadi perhatian. Tentu saja, kurangnya interaksi dengan Al-Qur’an dapat berdampak negative, seperti tidak mengamalkan ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. salah satu Solusi untuk masalah ini adalah melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ).
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi secara mendalam mengenai implementasi pembelajaran Al-Qur'an di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Azzahiro Dermo, Malang. Teknik pengumpulan data yang diterapkan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang memungkinkan peneliti untuk mendapatkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran Al-Qur'an di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Azzahiro Dermo, Malang, telah dilakukan dengan baik melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang terstruktur. Metode Yanbu'a yang diterapkan terbukti efektif dalam membantu siswa mengenal huruf Hijaiyah dan membaca Al-Qur'an dengan benar. Meskipun terdapat dukungan dari kemampuan guru dan partisipasi orang tua, tantangan utama yang dihadapi adalah rendahnya minat belajar siswa, yang berdampak negatif pada efektivitas pembelajaran. Evaluasi berkala menunjukkan adanya kemajuan dalam kemampuan membaca Al-Qur'an siswa, namun masih diperlukan upaya lebih untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar mereka.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi pembelajaran Al-Qur'an di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Azzahiro Dermo, Malang, telah dilaksanakan dengan baik melalui metode Yanbu'a yang efektif. Metode ini membantu siswa dalam mengenal huruf Hijaiyah dan membaca Al-Qur'an dengan benar. Meskipun ada dukungan dari kemampuan guru dan partisipasi orang tua, tantangan utama yang dihadapi adalah rendahnya minat belajar siswa, yang berdampak pada efektivitas pembelajaran secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 201710010311026
Keywords: Implementasi, pembelajaran, Al-Qur'an
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: 201710010311026 gilangrafki
Date Deposited: 13 Aug 2024 08:01
Last Modified: 13 Aug 2024 08:01
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10174

Actions (login required)

View Item
View Item