Peran Kepala Sekolah Dalam Usaha Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasai Islam AL­-Munawwarah Pamekasan

Istiqamah, Istiqamah (2007) Peran Kepala Sekolah Dalam Usaha Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasai Islam AL­-Munawwarah Pamekasan. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Peran_Kepala_Sekolah_Dalam_Usaha_Peningkatan_Mutu_Pembelajaran_Pendidikan_Agama_Islam_di_Sekolah_Dasai_Islam_AL.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan sekolah sangat ditentukan oleh kepala sekolah yang mengoordinasikan, menggerakkan, dan menyelaraskan semua sumber daya pendidikan. Kepala sekolah merupakan motor penggerak, penentu arah kebijakan sekolah, yang akan menentukan usaha apa yang di lakukan dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah, Kepala sekolah merupakan kunci keberhasilan yang harus menaruh perhatian tentang apa yang terjadi pada peserta didik di sekolah dan apa yang di pikirkan oleh orang tua dan masyarakat tentang sekolah. Kepala sekolah di tuntut untuk senantiasa berusaha membina dan mengembangkan hubungan kerja sama yang baik antara sekolah dan masyarakat guna mewujudkan tujuan pendidikan yang efektif dan efisien. Sehubungan dengan permasalahan diatas, maka rumusan masalahnya adalah :1) usaha apa saja yang di lakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dasar Islam Al­Munawwarah 2) apa faktor pendukung dan faktor penghambat usaha kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dasar Islam Al­munawwarah. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan dekskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari hasil penelitian melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan menghasilkan data deskriptif . Dari hasil penelitian diketahui usaha kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Islam Al­munawwarah adalah Pembinaan guru secara berkala yang mana dalam pembinaan tersebut ditempuh dengan beberapa cara yairu micro teaching dan mengikuttkan guru seminar pendidikan, Pembianaan keagamaan dalam kegiatan ekstra kurikuler dan ko kurikuler, Penambahan dan perbaikan sarana dan prasarana. Dan faktor pendukung usaha kepala sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam dibagi menjadi dua yaitu internal dan eksternal. Adapun faktor internalnya adalah1) Pendidikan guru atau tenaga pendidik, 2) Semangat guru dan pengelola yang sangat bagus, 3) Adanya kedisiplinan guru dan siswa yang baik., 4) Ketersediannya sarana dan prasarana pembelajaran. Dan faktor eksternal adalah daya dukung atau kerjasama masyarakat. Adapun faktor yang kurang mendukung adalah kecenderungan sifat alamiah peserta didik yang cenderung kekanak­kanakan. Sifat yang kekanak­kanakan yang dimaksud dalam hal ini adalah sifat manja, bertengkar dengan sesama temannya, dan membuat keributan didalam kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Tarbiyah
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 13 Jun 2012 04:34
Last Modified: 13 Jun 2012 04:34
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/7585

Actions (login required)

View Item View Item