PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MATH SCRABBLE DENGAN VISUAL BASIC DI SEKOLAH DASAR

Prayetno, Ritno (2008) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MATH SCRABBLE DENGAN VISUAL BASIC DI SEKOLAH DASAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PEMBUATAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_MATH_SCRABBLE_DENGAN_VISUAL_BASIC_DI_SEKOLAH_DASAR.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran yang baik harus memenuhi beberapa syarat, yaitu media pembelajaran harus meningkatkan motivasi siswa, harus merangsang siswa mengingat apa yang sudah dipelajari selain memberikan rangsangan belajar baru. Media yang baik juga akan mengaktifkan siswa dalam memberikan tanggapan, umpan balik dan juga mendorong siswa untuk melakukan praktek-praktek dengan benar. Penggunaan komputer sebagai media pembelajaran juga cocok untuk pembelajaran matematika terutama untuk materi yang memerlukan animasi, visualisasi, dan warna. Tujuannya adalah membuat siswa aktif mengamati sambil mendengarkan, mencoba, dan mempraktekan, sedangkan guru secara aktif membimbing siswa agar tidak mengalami kesulitan belajar. Program komputer yang dibutuhkan untuk pengembangan daya pikir siswa adalah program yang sangat efektif, efisien dan familier terhadap pemakai program (user). Salah satu aplikasi program komputer yang dapat digunakan adalah MathScrabble. MathScrabble sendiri merupakan permainan papan dan permainan menyusun angka yang mengumpulkan poin berdasarkan kombinasi perhitungan sehingga membentuk operasi hitung diatas papan permainan berkotak-kotak. Program ini dapat dibuat dengan menggunakan Visual Basic karena MathScrabble menggunakan bahasa pemrograman. Visual Basic sendiri merupakan program komputer yang dikembangkan dari bahasa pemrograman BASIC (Beginner All-purpose Symbolic Instruction Code) yang dalam sejarahnya sudah banyak digunakan oleh para programer untuk menyusun aplikasi. Pembuatan program aplikasi ini pada umumnya terdiri dari beberapa langkah yaitu mendesain tampilan program, penggabungan form-form, serta membuat aplikasi EXE sehingga Math Scrabble ini dapat dijalankan. Setelah tahap desain program selesai, langkah selanjutnya adalah menjalankan Math Scrabble. Didalam menjalankan Math Scrabble ini terdapat dua langkah yaitu dengan menjalankan langsung Math Scrabble tanpa melalui proses penginstalan visual basic dan langkah yang kedua adalah dengan melakukan penginstalan visual basic terlebih dahulu sebelum memainkan Math Scrabble. Untuk menjalankan hasil keseluruhan program ini telah disediakan tombol-tombol yang disertai dengan nama berdasarkan fungsinya, selain itu untuk mempermudah dalam mengoperasikanya. Disamping untuk mempermudah dalam pengoperasiannya, kelengkapan menu dalam sebuah desain pembelajaran adalah untuk menjadikan sebuah media pembelajaran yang komunikatif dan interaktif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 08 Jun 2012 03:32
Last Modified: 08 Jun 2012 03:32
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6781

Actions (login required)

View Item View Item