PROFESIONALISME GURU DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PKN

HASANAH, ZAHRATUL (2007) PROFESIONALISME GURU DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PKN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PROFESIONALISME_GURU_DALAMPENERAPAN_MODEL_PEMBELAJARAN_PKn.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Guru profesional adalah guru yang mampu mengelola dirinya sendiri dalam melaksanakan tugas-tugasnya sehari-hari bahwa seseorang akan bekerja secara profesional bilamana orang tersebut memiliki kemampuan (ability) dan motivasi (motivation). Maksudnya adalah seseorang akan bekerja profesional bilamana memiliki kemempuan kerja yang tinggi dan kesungguhan hati untuk mengerjakan dengan sebaik-baiknya. Sebaliknya, seseorang tidak akan bekerja secara profesional bilamana hanya memnuhi salah satu diantara dua persyaratan diatas. Jadi, betapa pun tingginya kemampuan seseorang ia tidak akan bekerja secara profesional apabila tidak memiliki motivasi kerja yang tinggi. Sebaiknya, betapa pun tingginya motivasi kerja seseorang ia tidak akan sempurna dalam menyelesaikan tugas-tugasnya bilamana tidak didukung oleh kemampuan. Rancangan penelitian adalah deskripsi yang mendetail suatu penelitian yang diusulkan untuk meneliti suatu masalah. Lokasi penelitian yang dipilih dalam penelitian adalah SMP Negeri 11 Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Jenis penelitian merupakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode interview atau wawancara, metode observasi, studi pustaka. Jenis data menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari subyek penelitian, data skunder data yang diperoleh lewat pihak lain yang tidak langsung. Instrumen penelitian yang dilakukan sebagai instrumen kreatif karena melacak fakta. Analisa data merupakan proses untuk merinci data yag akan ditulis kepada penyajian data. Keabsahan data menggunakan metode trianggulasi. Tahap-tahap penelitian menjadi 3 tahap : (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap penyelesaian. Hasil penelitian dan pembahasan profesionalisme guru dalam penerapan model pembelajaran PKN dilakukan dengan adanya kegiatan seperti MGMP, diklat, seminar dan adanya sarana prasarana yang menunjang. Upaya yang dilakukan Bapak Ibu guru untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam model pembelajara di SMP Negeri 11 Malang adalah mengikuti perkembangan perubahan kurikulum, workshop yang diadakan dinas pendidikan kota Malang, MGMP kota Malang dan sekolah, melaksanakan MGMP kecil sekolah setiap minggu, mengikuti program-program peningkatan mutu seperti penataran PTBK dan lain-lain sesuai tugas yang diberikan kepada sekolah, membaca buku-buku referensi untuk memperdalam pengetahuan yang ada hubungannya dengan materi pelajaran, mengikuti perkembangan/kemajuan di masyarakat terutama dengan perkembangan demokrasi, pengakuan hak asasi manusia dan prakti-praktik kenegaraan melalui massa. Profesionalisme guru dalam penerapan model pembelajaran PKn dikelompokkan menjadi empat model yaitu (1) Proses informasi, (2) Perkembangan pribadi, (3) Interaksi sosial, dan (4) Modifikasi tingkah laku. Keprofesionalan guru sebagaimana dimaksud dalam pasal 8 meliputi: (1) kompetensi pedagogik, (2) kompetensi kepribadian, (3) kompetensi sosial, dan (4) kompetensi profesional yang di peroleh melalui pendidikan profesi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Civic Law
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:06
Last Modified: 05 Jun 2012 04:06
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6598

Actions (login required)

View Item View Item