IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH (PERDA) NO. 11 TAHUN 2005 TENTANG PELAYANAN PUBLIK DI PROPINSI JAWA TIMUR BERKAITAN DENGAN STANDAR PELAYANAN (Studi di Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan)

GAFFAR, ABD (2007) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH (PERDA) NO. 11 TAHUN 2005 TENTANG PELAYANAN PUBLIK DI PROPINSI JAWA TIMUR BERKAITAN DENGAN STANDAR PELAYANAN (Studi di Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
IMPLEMENTASI_PERATURAN_DAERAH.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Birokrasi publik atau aparat pemerintah memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan publik yang sebaik-baiknya. Kalau kita menyimak Pemerintahan Daerah di beberapa Negara, sekarang ini telah menjadi gelombang besar dalam manajemen pengelolaan pelayanan publik, sekaligus menjadi gelombang besar dalam perombakan paradigma pemerintah. Jika sebelumnya dari sekedar memberikan pelayanan seadanya secara rutin, kini dituntut memberikan pelayanan yang bermutu tinggi. Semua masyarakat pengguna pelayanan mendambakan peningkatan mutu kinerja pelayanan secara terus-menerus, bahkan hal untuk mendapatkan pelayanan yang baik telah menjadi hak dasar warga Negara yang dilindungi oleh konstitusi. Dalam penelitian ini, penulis memilih penelitian metode deskriptif yaitu diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan mengambarkan atau melukiskan keadaan subjektif atau objektif peneliti (seseorang, lembaga, masyarakat, dan lain-lain pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta tampak atau sebagai mana mestinya). Dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa, Pada tahapan penyusunan standar pelayanan di Kecamatan Tlankan diikut sertatakan pihak-pihak yang terkait dalam penyusunannya. Masyarakat dalam hal ini tidak secara keseluruhan diikutkan, namun hanya mereka yang dianggap berkepentingan yang diikut sertakan dalam penyusunan standar pelayanan. Isi standar pelayanan berkenaan dengan mekanisme atau tatacara permohonan pelayanan. Kedisiplinan aparat Kecamatan Tlanakan masih ada beberapa aparat yang kurang disiplin berkenaan dengan disiplin kerja dan disiplin waktu.Motivasi dan semangat kerja aparat Pemerintah Kecamatan Tlanakan sudah cukup baik. Kesimpulan dalam implementasi Peraturan Daerah no. 11 tahun 2005 tentang Pelayanan Publik Di Jawa Timur berkenaan dengan standar pelayanan publik bahwa standar pelayanan di Kecamatan Tlanakan sudah ada dan pelaksanaannya baik. Akan tetapi perlu adanya peningkatan kualitas aparat pemerintah Kecamatan Tlanakan dalam pemberian pelayanan dalam rangka pelaksanaan penyelenggaraan pelayanan publik. Rekomendasi Kepada penyelenggara pelayanan publik untuk lebih meningkatkan kualitas kerjanya sehingga kepuasan masyarakat dan tujuan penyelenggaraan pelayanan publik dapat lebih tercapai, yaitu hak-hak masyarakat untu mendapatkan pelayana publik secara maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 04 Jun 2012 04:14
Last Modified: 04 Jun 2012 04:14
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6489

Actions (login required)

View Item View Item