FUNGSI PRESS RELEASE TENTANG PENANGGULANGAN SEMBURAN LUMPUR BANJAR PANJI ­1 SIDOARJO DALAM MEMBANGUN OPINI PUBLIK (Studi Pada Media E­ENRG)

Eko Saputro, Adi (2007) FUNGSI PRESS RELEASE TENTANG PENANGGULANGAN SEMBURAN LUMPUR BANJAR PANJI ­1 SIDOARJO DALAM MEMBANGUN OPINI PUBLIK (Studi Pada Media E­ENRG). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
FUNGSI_PRESS_RELEASE_TENTANG_PENANGGULANGANSEMBURAN_LUMPUR_BANJARPANJI.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Dari sebuah fenomena, yaitu adanya peristiwa semburan lumpur panas di sumur Banjarpanji­1 Porong, Sidoarjo. Pemilihan penelitian tentang pesan press release pada media internet dilakukan peneliti mengingat penggunaan internet oleh para profesional PR merupakan cikal bakal dari perkembangan teknologi internet. Melalui internet ini pula setiap praktisi PR menjadi penerbit, konsumen atau melakukan kampanye untuk mempengaruhi khalayak. Adapun pemilihan tema pemberitaan tentang upaya penanggulangan semburan lumpur di sumur Banjarpanji­1 Porong, Sidoarjo adalah untuk mengetengahkan betapa besarnya peranan E­PR ENRG yang dalam hal ini telah menjadi kecenderungan praktik komunikasi dalam menjalin keharmonisan hubungan dengan khalayaknya. Dalam perkembangannya untuk menanggulangi semburan lumpur panas tersebut, ENRG mempublikasikan kepada publik dalam sebuah kemasan laporan berita (press release) pada website resminya: www.energi­mp.com. Teknologi internet ini dipakai karena tidak adanya intervensi dari pihak­pihak lain, seperti redaksi atau wartawan di media massa, yang biasanya bertindak sebagai penjaga gawang pesan komunikasi dan melakukan penyensoran terhadap pesan informasi PR ENRG bagi khalayak (publik). Penelitian ini difokuskan pada media internet; website ENRG dikarenakan media internet handal diaplikasikan sebagai jembatan komunikasi atas realitas tersebut, diantara masyarakat, pemerintah, aktivis sosial, pengusaha, serta pihak­pihak yang berkepentingan lainnya. Dengan demikian, agar diperoleh pembahasan dan analisis secara mendalam mengenai bagaimanakah pesan dalam press release pada media E­ENRG tentang penanggulangan semburan lumpur Banjarpanji­1 Sidoarjo dalam membangun opini publik. Dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pesan dalam press release pada media E­ENRG tentang penanggulangan semburan lumpur Banjarpanji­1 Sidoarjo dalam membangun opini publik tersebut. Maka dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dengan metode deskriptif kualitatif ini diaplikasikan untuk mencermati pertautan fakta ke dalam press release ENRG yang mana pemberitaan tersebut dimaksudkan agar lebih bermakna, lebih menarik atau lebih diingat untuk menggiring intepretasi khalayak. Ruang lingkup penelitian ini adalah press release tentang penanggulangan semburan lumpur Banjarpanji­1 Sidoarjo dalam website ENRG, yang dipilih berdasarkan fokus penelitian, yaitu pada website ENRG atau dalam kata lain pesan yang dikembangkan ENRG dilihat dari press release tentang usaha ENRG untuk menanggulangi semburan lumpur di sumur Banjarpanji­1 Sidoarjo dalam membangun opini publik edisi 30 Mei­26 September 2006. Penelitian ini menggunakan sumber informasi non manusia, yaitu dokumentasi, yang diperoleh dengan cara mengkliping dan menulis ulang naskah (rewriting) sesuai naskah asli, tanpa editing. Selanjutnya data diolah sesuai dengan rumusan masalah yang ada untuk mencapai tujuan penelitian, yaitumenyampaikan gambaran yang menyeluruh dari data yang selanjutnya disajikan dan dideskripsikan secara kualitatif. Peneliti berusaha merelevansikan isi pemberitaan dengan teori lainnya, seperti pesan, opini publik, PR praktis dan kultur pemberitaan PR. Hasil penelitian ini, secara umum ENRG selalu menampilkan pemberitaan tentang penanggulangan semburan lumpur Banjarpanji­1 Sidoarjo. Porsi tetap adalah jaminan pertanggungjawaban penanggulangan kepada publik dalam kapasitasnya sebagai perusahaan minyak dan gas terbesar kedua di Indonesia selaku induk perusahaan dari Lapindo Brantas Inc. Sedangkan secara khusus, mengindikasikan keberpihakan PR ENRG dalam perusahaan yang diwakilinya. Penggunaan media internet untuk kegiatan media relations ini, dengan pemilihan judul yang dipakai untuk melukiskan hal tersebut. Dari kata­kata atau kalimat­kalimat tertentu, indikasi keberpihakan PR ENRG terhadap perusahaan yang diwakilinya juga tersirat dalam porsi pemberitaan dalam setiap bagian press release, mulai dari lead, kutipan, dan penutup. Hal tersebut merefleksikan jati diri PR sebagai perwujudan communicator bagi publik dan perusahaan yang diwakilinya yang kemudian memunculkan frame PR kultur penerangan sebagai wujud implementasi fungsi PR yang pertama: “perata jalan”. Hal ini tentunya tidak terlepas dari ideologi, kebijakan manajemen dan kepentingan perusahaan atas suatu pemberitaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 28 May 2012 03:56
Last Modified: 28 May 2012 03:56
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6017

Actions (login required)

View Item View Item