PENGARUH MENONTON FILM YANG DIADAPTASI DARI NOVEL TERHADAP MINAT BACA DAN MINAT BELI NOVEL ASLI OLEH KHALAYAK(Studi Pada Siswa-Siswi SMU Islam Malang)

ADITA, ADITA (2006) PENGARUH MENONTON FILM YANG DIADAPTASI DARI NOVEL TERHADAP MINAT BACA DAN MINAT BELI NOVEL ASLI OLEH KHALAYAK(Studi Pada Siswa-Siswi SMU Islam Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_MENONTON_FILM_YANG_DIADAPTASI_DARI_NOVELTERHADAP_MINAT_BACA_DANMINAT_BELI_NOVEL_ASLI_OLEH_KHALAYAK.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Banyak cara yang dapat digunakan untuk membuat sebuah cerita film, salah satunya adalah mengadaptasi cerita dari sebuah novel, terutama novel remaja. Kehidupan remaja dan segala permasalahannya masih sangat disukai mass, sehingga tema remaja selalu menjadi daya tank yang kuat untuk menarik penonton yang memang rata-rata adalah remaja. film juga dapat menjadi ajang promosi bagi penulis novel karena dapat meningkatkan jumlah penjualan novelnya. Setelah menonton film tersebut menjadikan mass tertarik untuk membaca dan membeli novelnya karena menganggap bahwa cerita dalam film kurang memuaskan sehingga mendorong mass untuk mencari tahu tentang cerita sebenarnya. Dilihat dari latar belakang tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh menonton film yang diadaptasi dari novel terhadap minat baca dan minat beli mass, dan jika ada seberapa besar pengaruhnya. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh menonton film yang diadaptasi dari novel terhadap minat baca dan minat beli novel asli oleh mass, serta seberapa besar pengaruh tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah AIDDA, yaitu, Attention (Perhatian), Interest (Minat), Desire (Hasrat), Decision (Keputusan), Action (Tindakan). Teori ini memberikan gambaran bahwa dampak atau hasil komunikasi yang terjadi pada seseorang setelah ia menerima suatu pesan. Tipe yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatif, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMU Islam dengan jumlah sampel sebanyak 87 responden yang telah ditentukan dengan rumus Taro Yamane. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, sedangkan untuk pengambilan data digunakan teknik angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan dua hipotesa yaitu HI, untuk mengetahui adanya pengaruh menonton film yang diadaptasi dari novel terhadap minat baca novel mass dan H2, untuk mengetahui adanya pengaruh menonton film yang diadaptasi dari novel terhadap minat bell novel mass. Sebelum mencari besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y dilakukan uji F untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antar variabel. Maka penghitungan untuk minat baca didapat sebagai berikut : nilai Fhjtung sebesar 72,465 sedangkan Ftabel sebesar 3,96 dengan taraf kesalahan 5%. Untuk mengetahui besar pengaruh vaiabel X terhadap variabel Y digunakan rumus koefisien determinasi r2 x 1002 sehingga didapat hasil sebesar 46% untuk memprediksi perubahan yang terjadi pada vaniabel Y, digunakan analisis regresi linier sederhana yaitu : Y= 1,569 + 0,569.X Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis kerja (HI) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Sedangkan penghitungan untuk minat beli adalah sebagai berikut : nilai Fhitung sebesar 45,319 sedangkan Ftabel, sebesar 3,96 dengan taraf kesalahan 5%. Untuk mengetahui besar pengaruh vaiabel X terhadap variabel Y digunakan rumus koefisien determinasi r2 x 1002 sehingga didapat hasil sebesar 34,8% untuk memprediksi perubahan yang terjadi pada variabel Y, digunakan analisis regresi linier sederhana yaitu : Y= 0.638 + 0,600.X Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis kerja (H2) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Kesimpulan yang didapat pada penelitian ini adalah ada pengaruh antara menonton film yang diadaptasi dari novel terhadap minat baca dan minat beli novel mass

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 24 May 2012 09:40
Last Modified: 24 May 2012 09:40
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5901

Actions (login required)

View Item View Item