Strategi Pemasaran Paket Tour Domestik pada Perusahaan Tours and Travel PT. Noer Transportama Wisata Surabaya

Michael, Fadly (2010) Strategi Pemasaran Paket Tour Domestik pada Perusahaan Tours and Travel PT. Noer Transportama Wisata Surabaya. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
STRATEGI_PEMASARAN_PAKET_TOUR_DOMESTIK_PADA_PERUSAHAAN_TOURS_AND_TRAVEL_PT.pdf

Download (55kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan penelitian Terapan, dimana peneliti mengarahkan penelitian ini pada proses perencanaan strategi pemasaran yang terdiri dari penetapan misi bisnis, analisis lingkungan internal dan eksternal, formulasi sasaran, formulasi strategi, formulasi program, dan implementasi yang dilakukan pada PT. Noer Transportama Wisata Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi pemasaran apakah yang tepat pada PT. Noer Transportama Wisata dalam menghadapi persaingan dengan perusahaan yang bergerak di bidang usaha yang sama yaitu jasa tour and travel dengan menganalisa lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui strategi apa yang bisa diterapkan oleh perusahaan adalah dengan menggunakan analisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang akhirnya akan diketahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki dan dihadapi oleh PT. Noer Transportama Wisata. Dalam penelitian ini faktor internal dan eksternal perusahaan memiliki pengaruh yang besar terhadap keputusan perumusan strategi pemasaran yang akan diterapkan perusahaan, dari kedua faktor tersebut dapat diketahui kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan saat ini beserta peluang dan ancaman yang dihadapinya sekarang. Berdasarkan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa perusahaan PT. Noer Transportama Wisata harus memperhatikan semua elemen perusahaan, karena semua elemen tersebut memiliki peranan yang sangat penting untuk menyampaikan produk jasanya kepada konsumen sehingga konsumen tersebut dapat berubah menjadi pelanggan yang loyal. Selain itu, PT. Noer Transportama Wisata juga perlu melakukan promosi yang lebih intensif dengan harapan konsumen akan semakin mengenal dan mengingat nama dan produk yang dihasilkan perusahaan. Strategi yang sesuai dengan perusahaan PT. Noer Transportama Wisata adalah strategi pengembangan produk, dimana dalam pasar yang sama perusahaan harus menambah rute paket wisata domestiknya, dengan harapan memenuhi kebutuhan dan selera pasar yang ada agar dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Berdasarkan hasil kesimpulan dari penelitian tersebut maka disini peneliti mengajukan beberapa saran yaitu diharapkan perusahaan tetap mempertahankan pangsa pasar yang ada dengan memberikan pelayanan yang lebih baik lagi dalam memuaskan konsumennya. Penetapan tarif harga yang dilakukan perusahaan juga sebaiknya lebih diminimalisir lagi, agar harga yang dibebankan pada konsumen dapat bersaing dengan perusahaan lainnya tanpa mengurangi kualitas pelayanan yang diberikan. Sehingga konsumen akan menjadi loyal bukan karena harga yang murah saja tetapi karena kualitas produk jasa yang ditawarkan perusahaan. ABSTRACT This type of research is Applied research, where researchers are directing research on marketing strategy planning process consists of determining the business mission, analysis of internal and external environment, formulation of objectives, strategy formulation, program formulation and implementation conducted at PT. Noer Transportama Wisata Surabaya. The purpose of this study is to formulate a marketing strategy is right on the PT. Noer Transportama Wisata in the face of competition from companies engaged in the same field of business tour and travel services by analyzing the internal and external environment company. Analysis tools used in this study to find out what strategies can be applied by the company is using the analysis of factors internal and external environment that eventually the company will be known strengths, weaknesses, opportunities and threats that are owned and faced by PT. Noer Transportama Wisata. In this study the internal and external factors the company has considerable influence on the decision formulating marketing strategies that will apply the company, from both of these factors can be identified strengths and weaknesses of the company's current and its opportunities and threats it faces today. Based on the research and discussion can be concluded that the company PT. Noer Transportama Wisata should pay attention to all elements of the company, because the all of element has a very important role to deliver services products to consumers so that consumers can be turned into loyal customers. In addition, PT. Noer Transportama Wisata also need to do a more intensive campaign in the hope that consumers will get to know and remember the names and company products. Strategy in accordance with the company PT. Noer Transportama Wisata is a product development strategy, which in the same market the company must increase its domestic tour packages route, hoping to meet the needs and tastes of the existing market to compete with other companies. Based on the conclusions of these studies the researchers here to ask you some advice that is expected to retain companies that have market share by providing better service to satisfy customers more. Determination of tariff rates by the company should also be minimized over again, so that prices charged to consumers to compete with other companies without reducing the quality of services provided. So that consumers will become loyal not because of the cheap price alone but because of the quality of products the company offered services.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 14 May 2012 02:18
Last Modified: 14 May 2012 02:18
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5065

Actions (login required)

View Item View Item