PROBLEMATIKA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM CORPORATESOCIAL RESPONSIBILITY OLEH DIVISI KHUSUS UNITCOMMUNITY DEVELOPMENT PADA PT. TELKOM MALANG(Studi pada PT. Telkom )

Jaenab, Jaenab (2010) PROBLEMATIKA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM CORPORATESOCIAL RESPONSIBILITY OLEH DIVISI KHUSUS UNITCOMMUNITY DEVELOPMENT PADA PT. TELKOM MALANG(Studi pada PT. Telkom ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PROBLEMATIKA_DALAM_PELAKSANAAN_PROGRAM_CORPORATESOCIAL_RESPONSIBILITY_OLEH_DIVISI_KHUSUS_UNITCOMMUNITY_DEVELOPMENT_PADA_PT.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Divisi Hubungan masyarakat membantu organisasi melakukan komunikasi dengan komunitas dimana perusahaan beroperasi. Berdasarkan itu, tugas penting External Public Relation adalah mengadakan komunikasi yang efektif yang sifatnya informatif dan persuasif yang ditujukan kepada publik di luar badan itu. Salah satu dari bentuk external public relation yaitu dengan mewujudkan tanggungjawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility). Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, pelaksanaan CSR PT. Telkom ternyata tidak dilakukan oleh Divisi Public Relations atau Humas sebagaimana perusahaan besar lainnya, akan tetapi secara spesifik dilaksanakan oleh Divisi Unit Community Development yang memang dibentuk secara khusus untuk pelaksanaan CSR. Hal ini menarik karena ternyata pelaksanaan CSR tidak selalu dilakukan oleh Divisi Humas, melainkan bisa dilaksanakan oleh Divisi khusus yang memang dibentuk untuk pelaksanaan CSR. Berdasarkan sumber pustaka, divisi Humas memiliki hubungan yang erat dengan pelaksanaan CSR karena program CSR yang dilaksanakan suatu perusahaan memiliki tujuan untuk membentuk citra perusahaan ke luar demikian juga yang dilaksanakan oleh Divisi Humas. Humas memiliki tanggungjawab internal public relation dan external public relation. External Public Relation merupakan upaya mengkomunikasikan kebijakan perusahaan ke luar dan membentuk citra perusahaan di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika dalam pelaksanaan program CSR oleh Divisi khusus Unit Community Development pada PT. Telkom Malang. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian yang dipilih penulis adalah PT. Telkom Kandatel Malang. Untuk pengumpulan data, penulis menggunakan wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat diketahui Divisi Humas PT. Telkom Malang berperan aktif dalam pelaksanaan program CSR ini, yaitu dengan cara melakukan perencanaan program CSR untuk Malang. Kemudian karena operasional pelaksanaan CSR diserahkan pada Unit Community Development, maka Unit Humas PT. Telkom Malang melakukan kerjasama dengan Unit Community Development guna operasional program CSR. Di sini tugas Unit Humas yang utama adalah menyampaikan kebijakan kepada publik dan membentuk citra PT. Telkom di masyarakat. Oleh karena itu Unit Humas PT. Telkom secara aktif mengkampanyekan program CSR PT. Telkom Malang melalui media, baik media cetak berupa koran dan majalah, maupun mediaelektronik berupa televisi, radio, dan internet. Unit Humas PT. Telkom Malang juga aktif menjalin hubungan dengan instansi pendidikan untuk melakukan kerjasama dengan PT. Telkom Malang dalam pengadaan dan peningkatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dalam pelaksanaan aktivitas CSR yang dilakukan di instansi pendidikan sekolah­sekolah di Malang, unit Humas PT. Telkom Malang juga melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan program tersebut. Sebagai langkah akhir, unit Humas PT. Telkom Malang juga bertanggungjawab melakukan evaluasi dalam pelaksanaan CSR PT. Telkom Malang secara keseluruhan. Hambatan dalam pelaksanaan fungsi Kehumasan melalui program CSR di PT. Telkom Malang diantaranya adalah berkaitan dengan biaya pelaksanaan program CSR yang semakin meningkat tiap tahun karena program yang dilaksanakan telah bersifat reguler. Kemudian permasalahan teknis juga timbul dimana dalam pengadaan dan peningkatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di sekolah­-sekolah, masih ditemui keluhan teknis dari institusi pendidikan berkaitan dengan peralatan yang digunakan PT. Telkom Malang pada sekolah­sekolah tersebut. Permasalahan lain yang muncul bersifat sosial, yaitu munculnya anggapan di masyarakat bahwa program CSR yang dilaksanakan PT. Telkom Malang hanya menguntungkan PT. Telkom saja, karena dengan adanya pemasangan jaringan internet dan pengadaan komputer di sekolah­sekolah, maka PT. Telkom Malang akan mendapatkan keuntungan berupa biaya internet bulanan yang dibayarkan oleh sekolah­-sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 01 May 2012 03:02
Last Modified: 01 May 2012 03:02
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3482

Actions (login required)

View Item View Item