PENGARUH PHOBIA UJIAN AKHIR NASIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SLTP MUHAMMADIYAH 08 BATU

FUAD, ZAINOL (2009) PENGARUH PHOBIA UJIAN AKHIR NASIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SLTP MUHAMMADIYAH 08 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_PHOBIA_UJIAN_AKHIR_NASIONAL_TERHADAP_PRESTASI_BELAJAR_MATEMATIKA_SISWA_KELAS_IX_SLTP_MUHAMMADIYAH_08_BATU.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview

Abstract

Dunia pendidikan, khususnya pendidikan matematika telah menjadi pusat komentar berbagai kalangan, akhir-akhir ini Indonesia sedang berusaha untuk meningkatkan prestasi dalam bidang pendidikan, yang salah satunya dengan menaikkan nilai kelulusan UAN, dengan ketentuan tersebut sekolah berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan prestasii siswa, khususnya dalam pelajaran matematika. Berbagai macam – macam komentar telah diberikan berkaitan dengan rendahnya hasil nilai UAN siswa dalam pebelajaran matematika, komentar – komentar tersebut umumnya bernada pesimistis, sekolah dan masyarakat tidak puas dengan perolehan hasil nilai UAN siswa khususnya pelajaran matematika yang relatif rendah, lebih rendah di bandingkan dengan perolehan nilai untuk pelajaran lainnya, sehingga timbul anggapan bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit, yang hanya dapat dikuasai oleh siswa pintar saja. Bahkan timbul pula beberapa asumsi tentang timbulnya phobia setiap kali siswa berhadapan dengan pelajaran matematika. Pengkajian tentang Pengaruh Phobia Ujian Akhir Nasional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa merupakan usaha awal yang dapat dilakukan agar dapat ditetapkan langkah-langkah yang tepat dalm perbaikan dan peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh phobia matematika pada UAN serta pengaruhnya terhadap prestasi Belajar matematika siswa kelas IX SLTP 08 Batu. Populasi penelitian ini tersebar di dua kelas yang terdiri dari 63 siswa. Dari populasi yang tersebar di dua kelas ini, diambil satu kelas sebagai tempat sample penelitian. Pengambilan sample dilakukan secara purposif, sehingga teknik sampling yang digunakan adalah purposif sampling Untuk mengetahui Phobia Pada Ujian Akhir Nasional Serta Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa dilakukan analisa data. Analisa data yang digunakan adalah uji Chi- Square. Dengan uji Chi- Square diperoleh hasil bahwa nilai X2hitung = 32,37 sedangkan nilai X2tabel = (dk=4, α = 5%) = 9,94 jadi H0 di tolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh phobi matematika pada ujian akhir nasional Begitu pula dari prosentase phobia berdasarkan prestasi matematika siswa dapt disimpulkan bahwa siswa yang mengalami phobi matematika tinggi prestasinya rendah dan sebaliknya siswa yang mengalami phobi matematika rendah prestasinya tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Anwar Jasin
Date Deposited: 19 Apr 2012 04:36
Last Modified: 19 Apr 2012 04:36
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/2440

Actions (login required)

View Item View Item