KEBERPIHAKAN MEDIA MASSA KEPADA CALON KEPALA DAERAH (Analisis Framing Program Jurnal Pilkada Pagi Radio Citra Protiga Periode 19 Agustus 2005)

Rahmawati, Fajar (2006) KEBERPIHAKAN MEDIA MASSA KEPADA CALON KEPALA DAERAH (Analisis Framing Program Jurnal Pilkada Pagi Radio Citra Protiga Periode 19 Agustus 2005). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
KEBERPIHAKAN_MEDIA_MASSA_KEPADA_CALON_KEPALA_DAERAH.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Keywords: Keberpihakan Media Massa Dan Analisis Framing Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Malang merupakan pilkada pertama yang langsung dipilih oleh masyarakat Kabupaten Malang. Karenanya, hal ini menarik untuk diteliti karena Pilkada langsung pertama kalinya ini mendapat perhatian besar dari masyarakat Kabupaten Malang, dan media massa tentunya mempunyai cara tersendiri untuk memberitakan setiap pasangan calon di hari pertama kampanye pilkada berlangsung, yakni tanggal 19 Agustus 2005. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Kepada pasangan mana radio Citra Protiga berpihak selama masa kampanye Pilkada kabupaten Malang. Sedangkan tujuan penelitiannya Ingin mengetahui kepada pasangan mana radio Citra Protiga berpihak selama masa kampanye pilkada kabupaten Malang. Untuk mengungkap fenomena tersebut, peneliti menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian deskriptif adalah untuk membuat deskripsi atau gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang diselidiki. Sedangkan dasar penelitian ini, mengacu pada model analisis framing yang diperkenalkan oleh Zhong Dang Pan dan Gerard M. Kosicki. Analisis framing memusatkan perhatian, terutama pada studi secara sistematis bahasa politik. Dalam hal ini, pilihan kata-kata tertentu yang dipakai oleh media tidaklah dipahami sebagai pilihan yang netral, melainkan sesuatu yang telah dikonstruksi sedemikian rupa untuk tujuan tertentu. Setelah menganalisa berita Jurnal Pilkada radio Citra Protiga edisi 19 Agustus 2005, dapat diketahui bahwa berita Citra Protiga cenderung berpihak pada pasangan Sujud Pribadi-Rendra Kresa. Kecenderungan ini diperoleh setelah melakukan analisis sintaksis, skrip, tematik dan retoris berita.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 26 Jul 2012 06:03
Last Modified: 26 Jul 2012 06:03
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13462

Actions (login required)

View Item View Item