ANALISIS KEAHLIAN AUDITOR KANTOR AKUNTAN PUBLIK TERHADAP APLIKASI TEKNOLOGI INFORMASI (Studi Survei Pada Auditor Kantor Akuntan Publik di Malang)

RIFAI, ZAKY IRVAN (2006) ANALISIS KEAHLIAN AUDITOR KANTOR AKUNTAN PUBLIK TERHADAP APLIKASI TEKNOLOGI INFORMASI (Studi Survei Pada Auditor Kantor Akuntan Publik di Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_KEAHLIAN_AUDITOR_KANTOR_AKUNTAN_PUBLIK_TERHADAP_APLIKASI_TEKNOLOGI_INFORMASI.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bersifat Diskriptif (Descriptive Research), sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survei pada auditor yunior Kantor Akuntan Publik (KAP) di Malang dengan judul “Analisis Keahlian Auditor Kantor Akuntan Publik Terhadap Aplikasi Teknologi Informasi untuk mengetahui apakah auditor Kantor Akuntan Publik (KAP) di malang memiliki keahlian dalam aplikasi teknologi informasi (IT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keahlian yang dimiliki auditor Kantor Akuntan Publik (KAP) terhadap aplikasi teknologi informasi (IT), mengingat dalam Kode Etik Akuntan Indonsia pada bab kecakapan professional pada pasal 16 yaitu seorang akuntan publik tidak dibenarkan mengerjakan penugasan atau menerima pekerjaan yang tidak dapat diharapkannya untuk diselesaikan atau tidak sesuai dengan keahlian profesinya. Penelitian ini menggunakan beberapa pengujian, pengujian kualitas data dengan menguji Validitas (validity) dengan rumus Alpa Cronbeach dan Reabilitas (Reliability) dengan rumus Product Moment pada Sofware SPSS version 12 for Windows. Analisa deskriptif yang digunakan berupa Frequency untuk menganalisa karakteristik responden. Sedangkan Mean (rata-rata) untuk menganalisis butir-butir pernyataan responden. Untuk memperkuat dugaan peneliti terhadap hipotesis yang diajukan digunakan alat uji Statistik Nonparametrik menggunakan One Sample Wilxocon Signed Rank Test pada Sofware Minitab Version 14.00 for Windows. Hasil penelitian ini, yaitu dalam analisa diskriptif menunjukan nilai rata-rata (Mean) jawaban responden untuk seluruh variabel penelitian dibawah rata-rata Skor Harapan yang diinginkan. yaitu (M< 4)..Sedangakan hasil pengujian hipotesis didapat estimated median (M) lebih kecil bila dibandingkan dengan median skor harapan (Mo) atau M < Mo yaitu sebesar (3,862 < 4) dengan nilai p = 0.667 lebih besar dari tingkat signifikansi α = 0,05 dengan Achieved Confidence sebesar 95,0%, kesimpulan pengujian yang dilakukan menerima hipotesis atau hipotesis yang diajukan oleh peneliti tidak terbukti. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata auditor Kantor Akuntan Publik (KAP) dimalang belum memiliki keahlian terhadap aplikasi teknologi informasi yang digunakan dalam proses audit. Dari kesimpulan diatas, penelitian ini dapat ditindaklanjuti bagi peneliti selanjutnya dengan melakukan test dan retest. Sedangkan bagi Kantor Akuntan Publik (KAP) di Malang, hendaknya melakukan peningkatan terhadap sumberdaya yang dimilikinya. Dan bagi pihak lain, khususnya pihak perusahaan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menggunakan jasa Kantor Akuntan Publik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 26 Jul 2012 03:49
Last Modified: 26 Jul 2012 03:49
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13350

Actions (login required)

View Item View Item