PERENCANAAN KUALITAS PRODUK TRASI UDANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)(Studi Kasus di UD. Sunoto Tuban)

RATNA K, INTAN (2006) PERENCANAAN KUALITAS PRODUK TRASI UDANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)(Studi Kasus di UD. Sunoto Tuban). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERENCANAAN_KUALITAS_PRODUK_TRASI_UDANG_DENGAN_MENGGUNAKAN_METODEQUALITY_FUNCTION_DEPLOYMENT.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Terasi Cap Udang No. 1 produksi UD. Sunoto adalah salah satu makanan khas yang berasal dari Tuban. Terasi ini di buat oleh UD. Sunoto yang terletak di desa Karang Agung, Kec. Palang, Kab. Tuban. Perusahaan ini telah memiliki pelanggan yang cukup banyak, selain melakukan pemasaran di wilayah Jawa Timur, UD. Sunoto juga melakukan pemasaran di Jawa Tengah seperti Solo, Jogja, dan Rembang. Tetapi dikarenakan sekarang banyak muncul perusahaan terasi yang sama, maka perlu adanya peningkatan kualitas terasi untuk meningkatkan dan mempertahankan pelanggan yang ada. Dengan dasar tersebut tujuan yang ingin di capai dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi atribut-atribut dari suatu produk terasi berdasarkan keinginan dan harapan konsumen, dan membuat suatu perencanaan kualitas pada produk terasi berdasarkan respon teknis yang diprioritaskan bagi perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quality Function Deployment yang merupakan suatu perangkat manajemen dimana keinginan konsumen digunakan sebagai alat untuk pengembangan yang diidentifikasikan pada langkah-langkah awal QFD dan dapat dipecahkan sebelum proses produksi dimulai. Ada empat langkah dalam proses QFD yaitu perencanaan produk, perancangan desain, perencanaan proses, dan proses kontrol. Disini atribut yang diinginkan konsumen adalah rasa, warna, harga, bahan, kemasan dan tekstur. Dari pengolahan tersebut dihasilkan atribut atau keinginan konsumen yang perlu dikembangkan antara lain kemasan yang higienis (0,450), terasi rasa udang (0,446), rasa yang lebih sedap (0,740), aroma yang khas udang (0,418), warna gelap (merah tua / kehitam-hitaman) (0,307), bahan dari udang murni (0,361), tidak menutup kemungkinan atribut-atribut yang lain dipertahankan atau bahkan ditingkatkan. Disamping itu prioritas respon teknis yang dipentingkan yang harus segera di penuhi antara lain memperbanyak komposisi udang sebagai bahan dasar (271,7485), menghilangkan ikan sebagai bahan campuran (258,0364), mengurangi komposisi tepung sebagai bahan campuran (179,8251), udang dikeringkan sebelum diolah menjadi terasi (86,6748), memproduksi kemasan sendiri (80,8458), menghilangkan pewarna buatan (67,7582), mengurangi garam (66,4409), dan menggunakan kertas yang dilapisi dengan plastik sebagai kemasan (54,2736).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 26 Jul 2012 02:57
Last Modified: 26 Jul 2012 02:57
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13317

Actions (login required)

View Item View Item