ANALISIS GAYA PENULISAN ARTIKEL HOTNOTES PADA MAJALAH HOTCHORD EDISI TAHUN 2004 DITINJAU DARI STRUKTUR PENULISAN ARTIKEL

SELESTIANA, LIA (2006) ANALISIS GAYA PENULISAN ARTIKEL HOTNOTES PADA MAJALAH HOTCHORD EDISI TAHUN 2004 DITINJAU DARI STRUKTUR PENULISAN ARTIKEL. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_GAYA_PENULISAN_ARTIKEL_HOTNOTESPADA_MAJALAH_HOTCHORD_EDISI_TAHUN_2004DITINJAU_DARI_STRUKTUR_PENULISAN_ARTIKEL.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Keywords: Gaya penulisan, Struktur Penulisan, Analisis isi. Majalah Hotchord adalah majalah musik yang memuat artikel yang bersangkutan dengan dunia musik yang ada. Salah satunya adalah artikel Hotnotes yang memuat tulisan tentang aktifitas dalam bermusik secara global. Peneliti mencoba menelaah gaya penulisan pada artikel Hotnotes edisi tahun 2004 yang berjumlah 11 artikel dari penerbitan edisi bulan Januari sampai dengan bulan Desember tahun 2004. dengan teknik pengumpulan data yang mengandalkan pada artikel hotnotes yang berjumlah 11 buah sebagai bahan atau objek yang diteliti dengan melalui membaca dan pencatatan yang seksama, serta menggunakan literatur – literatur yang berkaitan dengan penelitian sebagai landasan teori. Unit analisis yang digunakan adalah unit fisik agar penggambaran batasan penelitiannya tampak jelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi, karena metode ini sangat tepat digunakan, untuk mengetahui seberapa besar frekuensi adanya gaya penulisan yang kurang sesuai pada artikel Hotnotes edisi tahun 2004. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing kategori yang dikategorisasikan mempunyai unsur ketidaksesuaian pada gaya penulisannya. Dan hal tersebut didapatkan dari setiap pencatatan kategorisasi yang memuat indikator-indikator kategorisasi yang telah dirumuskan didalam tabel koding yang berlandaskan teori yang dipergunakan, untuk menguatkan kesimpulan yang ada. Jumlah keseluruhan pada ketidaklaziman kategorisasi format penulisan adalah sebesar 16 atau 48.48 % unsur ketidaksesuaian dari 33 kategorisasi format penulisan yang ada. Sedangkan pada kategorisasai bentuk penulisan sebesar 169 atau 61.45 % unsur ketidaksesuaian dari 275 kategorisasi yang ada. Dan ketidaklaziman kategorisasi bahasa penulisan adalah sebesar 35 atau 53.03 % unsur ketidaksesuaian dari 66 kategorisasi yang ada. Jadi ditemukan unsur ketidaksesuaian kategorisasi yang mempunyai persentase mencapai 68.82 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 24 Jul 2012 04:57
Last Modified: 24 Jul 2012 04:57
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12983

Actions (login required)

View Item View Item