ANALISIS PENGARUH INFLASI, KURS TUKAR, SUKU BUNGA SBI TERHADAP HARGA SAHAM LQ 45 YANG TERCATAT DIBURSA EFEK JAKARTA (Penerapan Error Correction Model)

NURANY, DINA DWI (2006) ANALISIS PENGARUH INFLASI, KURS TUKAR, SUKU BUNGA SBI TERHADAP HARGA SAHAM LQ 45 YANG TERCATAT DIBURSA EFEK JAKARTA (Penerapan Error Correction Model). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
l.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Perekonomian pada tahun 2006 mengalami perkembangan yang cukup baik. Hal ini bisa dilihat dari meriahnya transaksi saham karena terkendalinya kondisi makro ekonomi seperti inflasi, kurs tukar, suku bunga SBI. Semakin membaiknya kinerja sektor moneter yang ditandai dengan turunnya tingkat inflasi,menuguatnya kurs tukar rupiah serta turunnya suku bunga SBI secara signifikan. Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah pada saham yang tercatat di LQ-45, dan data tentang nilai kurs tukar rupiah terhadap dollar AS, inflasi dan suku bunga. Jumlah sampel sebesar 19 perusahaan, dengan kriteria penelitiannya adalah data yang digunakan adalah data harga saham penutupan LQ 45 bulanan selama periode Februari 2003 sampai Januari 2006, nilai Kurs Dollar AS (Kurs Tengah) bulanan selama periode Februari 2003 sampai Januari 2006, inflasi bulanan (dalam prosentase) berdasarkan Indeks Harga Konsumen selama periode Februari 2003 sampai Januari 2006, dan suku Bunga SBI bulanan selama periode Februari 2003 sampai Januari 2006. Jenis data dalam penelitian ini adalah data dokumenter, penelitian ini mengambil data dari JSX Monthly (Jakarta Stock Exchange Monthly), JSX (Jakarta Stock Exchange) Value Line di Pusat Informasi Pasar Modal dan data perkembangan nilai tukar (kurs), inflasi, dan suku bunga SBI dari Statistik Ekonomi Keuangan Indonesia di Bank Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode ECM (Error Correction Model). Berdasarkan hasil uji kointegrasi yang dilakukan diatas menunjukkan bahwa penelitian yang dilakukan terhadap inflasi terhadap variabel kurs tukar mempunyai hubungan kointegrasi, variabel kurs tukar mempunyai hubungan kointegrasi terhadap variabel suku bunga SBI, dan variabel suku bunga SBI mempunyai hubungan kointegrasi terhadap harga saham yang termasuk dalam LQ-45. Hal tersebut dibuktikan oleh pengujian antara CRDW statistik > CRDW tabel, DF statistik > DF tabel, dan ADF statistik > ADF tabel, yang menghasilkan kesimpulan terdapat hubungan kointegrasi semua. Hasil yang diperoleh dari analisis yang digunakan adalah Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji ECM yang dilakukan 19 sampel perusahaan yang tergolong dalam LQ-45 yang tercatat di BEJ, diperoleh hasil bahwa variabel inflasi berpengaruh terhadap kurs tukar, kurs tukar berpengaruh nyata terhadap suku bunga SBI, dan variabel tingkat suku bunga SBI berpengaruh nyata terhadap nilai perubahan harga saham perusahaan yang tergolong dalam saham LQ-45 yang tercatat di Bursa Efek Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan nilai 0 < a < 1 dan nilai F statistik > F tabel

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 23 Jul 2012 05:44
Last Modified: 23 Jul 2012 05:44
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12781

Actions (login required)

View Item View Item