ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA (BEJ)

SUNARSO, EDI (2006) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA (BEJ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN DIVIDEN.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil dari menyelidiki dampak banyak faktor yang mempengaruhi kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar dibursa efek Jakarta (BEJ). Berdasarkan hal tersebut peneliti mengambil judul “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel Likuiditas (CR), Biaya Pengembangan, Pengendalian (DER). Stabilitas Keuntungan dan Kebankrutan (NPM), Biaya Transaksi dan Kebutuhan Modal (ROI) terhadap kebijakan dividen dan untuk mengetahui faktor mana yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kebijakan dividen. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, uji hipotesis ( uji t dan uji F), dan uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, autokorelasi, heteroskedastisitas). Analisis ini mengunakan data keuangan yang terdiri DPR sebagai variabel terikat dan variabel bebasnya adalah: CR, Biaya Pengembangan, DER, NPM, dan ROI. Hasil penelitiannya bahwa secara bersama-sama kelima variabel berpengaruh positif terhadap DPR. Sedangkan, secara sendiri-sendiri CR berpengaruh negatif, Biaya Pengembangan berpengaruh negatif, DER berpengaruh negatif, NPM berpengaruh positif, dan ROI berpengaruh positif. Faktor yang paling dominan adalah biaya pengembangan, untuk itu investor disarankan untuk berinvestasi pada perusahaan yang memiliki biaya pengembangan yang baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 21 Jul 2012 04:07
Last Modified: 21 Jul 2012 04:07
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12604

Actions (login required)

View Item View Item