PREFERENSI PEMBACA TERHADAP RUBRIK SURAT KABAR JAWA POS (Studi pada Pembaca Jawa Pos di Malang Melalui Metode Item Selection dan Tracking Study)

Kurniawati, Ita (2006) PREFERENSI PEMBACA TERHADAP RUBRIK SURAT KABAR JAWA POS (Studi pada Pembaca Jawa Pos di Malang Melalui Metode Item Selection dan Tracking Study). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PREFERENSI_PEMBACA_TERHADAP_RUBRIK_SURAT_KABAR_JAWA_POS.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Keywords: Preferensi, rubrik Beragamnya alternatif informasi baik media cetak dan elektronik memberikan banyak cara untuk mengetahui perkembangan serta perubahan yang terjadi. Seiring dengan berkembangnya teknologi media massa saling bersaing untuk mendapatkan target sasaran dan salah satu cara untuk mengetahui sasaran / khalayak mereka ialah melalui analisis preferensi. Dengan banyaknya rubrik yang disajikan dalam surat kabar mulai dari informasi hiburan, pendidikan, hingga informasi politik maka pembaca akan lebih mudah untuk memperoleh informasi atau berita sesuai dengan kebutuhan mereka. Namun beragamnya rubrik dan selektifitasan pembaca dalam memenuhi kebutuhannya, maka mereka memiliki kecenderungan yang berbeda-beda dalam mengkonsumsi berita. Dari situlah penulis ingin mengetahui pilihan rubrik serta bagaimana cara responden membaca topik dari rubrik yang pertama dibaca. Penelitian ini menggunakan teori Selective Exposure dan Kategori Sosial. Teori tersebut digunakan untuk menentukan pilihan dan tingkat kecenderungan-kecenderungan antara kategori-kategori tertentu. Sehingga dalam penelitian nanti akan ditemukan kecenderungan pilihan rubrik antara responden laki-laki dan perempuan dalam membaca surat kabar. Selain itu dalam teori tersebut juga dijelaskan bahwa orang akan memilih rubrik sesuai dengan minat dan keperluannya. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kota Malang dengan subjek penelitian pada pembaca surat kabar Jawa Pos, dengan tujuan “Untuk mengetahui pilihan rubrik serta cara responden membaca topik dari rubrik yang pertama dibaca”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembaca/pelanggan individu Jawa Pos yang mendapatkan surat kabar Jawa Pos dengan cara berlangganan sebesar 10.162 pelanggan, untuk pengambilan sampel digunakan teknik Cluster Multistage dengan jumlah sampel sebesar 100 orang pelanggan diambil berdasarkan jumlah populasi dari pelanggan yang memiliki persentase peredaran Jawa Pos terbesar. Teknik pengumpulan data melalui wawancara disertai dengan surat kabar Jawa Pos melalui metode Item Selection dan Tracking Study. Metode ini dilakukan dengan cara meminta responden menunjukan rubrik yang dibaca apakah rubrik tersebut dibaca dari awal hingga akhir disertai surat kabar Jawa Pos, sedangkan metode yang kedua adalah Tracking Study, yaitu kita meminta responden menandai topik yang dibaca tersebut dengan menggunakan pensil warna yang telah ditentukan oleh peneliti Sehingga diketahui cara baca mereka. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembaca surat kabar Jawa Pos cenderung membaca rubrik yang menarik, aktual, dan sedang hangat dibicarakan sampai habis dari awal hingga akhir. Pembaca tidak akan meneruskan aktifitas membacanya jika dari rubrik tersebut mereka tidak menemukan informasi yang dibutuhkan. Pembaca juga tidak selalui membaca rubrik yang disukainya pertama kali. Antara responden laki-laki dan perempuan memiliki kecenderungan yang berbeda dalam memilih berita. Responden lakii-laki cenderung membaca Rubrik Olahraga, Politika, dan Radar Sport dengan pesentase sebesar 63,9%. Sedangkan responden perempuan cenderung membaca Rubrik Visite, Deteksi, Show&Selebriti dan De Style dengan persentase sebesar 58%. Untuk rubrik yang lain antara responden memiliki kecenderungan yang hampir sama dalam membaca rubrik tersebut. Cara baca mereka terhadap topik dari rubrik yang dibaca pertama kali sebagian besar memiliki persamaan. Mereka akan membaca dengan memulai membaca judul, melihat gambar, membaca cutline dan yang terakhir membaca isi. Jadi rubrik yang menarik mempengaruhi cara baca dan preferensi pembaca

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 19 Jul 2012 01:05
Last Modified: 19 Jul 2012 01:05
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12435

Actions (login required)

View Item View Item