PENDIDIKAN SEKS DALAM VIDEO KLIP LAGU “SENANDUNG RAJA SINGA”(Analisis Semiotik Pada Video Klip “Senandung Raja Singa” yang dinyanyikan oleh Jamrud)

Kurniawan, Deny (2006) PENDIDIKAN SEKS DALAM VIDEO KLIP LAGU “SENANDUNG RAJA SINGA”(Analisis Semiotik Pada Video Klip “Senandung Raja Singa” yang dinyanyikan oleh Jamrud). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENDIDIKAN_SEKS_DALAM_VIDEO_KLIP_LAGU.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Keywords: Video klip lagu, sosial budaya, realitas sosial, semiotik, makna, denotatif, konotatif, ikon, indek, simbol. Tayangan Video klip lagu dalam televisi yang sering kita saksikan hampir setiap hari di layar televisi merupakan salah satu bagian dari strategi promosi dan pemasaran yang bertujuan untuk mendongkrak penjualan sebuah album lagu. Ketika video klip lagu disajikan dengan seksama, video klip lagu mampu menggambarkan realitas kehidupan dan memiliki fungsi sosial di dalam masyarakat tertentu. Seperti contoh, video klip lagu Senadung Raja Singa yang dinyanyikan oleh group band Jamrud yang merupakan produk iklan dari perusahaan recording Log Zhelebour yang sering ditayangkan pada awal tahun tahun 2005, dalam video klip lagu tersebut menceritakan beberapa gambaran realitas kehidupan yang terjadi di dalam masyarakat, yaitu : gambaran realitas kehidupan masyarakat Melayu saat melangsungkan acara pesta pernikahan dan gambaran realitas kehidupan masyarakat yang mempunyai kebiasaan melakukan hubungan seks pranikah terutama para remaja, serta gambaran realitas kehidupan masyarakat yang menderita penyakit kelamin Raja Singa. Dengan alasan diatas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang makna tanda yang terdapat dalam video klip lagu Senandung Raja Singa.Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan memaknai tanda yang terkandung dalam video klip Senandung Raja Singa. Pemaknaan video klip lagu tidak hanya sekadar mendeskripsikan alur cerita yang terdapat dalam serangkaian video klip. Akan tetapi harus dilakukan dengan menggunakan metode khusus yang cermat agar mendapatkan makna sesuai dengan yang dirumuskan. Oleh karena itu peneliti menggunakan metode penelitian yang disebut dengan semiotik. Sehubungan dengan banyaknya pilihan metode semiotik dalam disiplin ilmu komunikasi, peneliti menggunakan metode semiotik Roland Barthes dan Charles Sanders Peirce sebagai acuan dalam menganalisis video klip lagu. Yaitu dengan selalu memeperhatikan tanda berupa makna denotatif dan konotatis serta melihat tanda dari segi objeknya yaitu, ikon, indek dan simbol yang terdapat dalam elemen visual maupun audio yang terdapat dalam video klip lagu. Video klip lagu Senandung Raja Singa secara umum menggambarkan kehidupan di dalam sebuah masyarakat. Setelah diinterprestasikan video klip lagu Senandung Raja Singa memuat unsur-unsur kehidupan nyata di dalam sebuah masyarakat. Hal itu terlihat dalam beberapa adegan dalam shoot video klip lagu yang mencerminkan kehidupan masyarakat yang minim akan pengatahuan tentang pendidikan seks.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 19 Jul 2012 00:31
Last Modified: 19 Jul 2012 00:31
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12424

Actions (login required)

View Item View Item