PERAN BIMBINGAN ORANG TUA DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 BATU

KUSUMANINGSIH, INDRA (2006) PERAN BIMBINGAN ORANG TUA DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERAN_BIMBINGAN_ORANG_TUA_DAN_TEMAN_SEBAYA_TERHADAP_MINAT_BELAJAR_SISWA_SMP_MUHAMMADIYAH_2_BATU.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang berusaha untuk mengumpulkan data data dari gejala – gejala untuk mendapatkan fakta – fakta serta mengambil sample dari suatu populasi dengan menyebarkan angket sebagai alat pengambilan data pokok dalam penelitian. Penelitian ini mengambil judul “Peranan Bimbingan Orang tua dan Teman Sebaya terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 02 Batu” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 2 Batu, peran aktif orang tua dalam pendidikan anak serta untuk mengetahui peran teman sebaya terhadap minat belajar Matematika siswa SMP Muhammadiyah 2 Batu. Adapun hipotesis dari penelitian ini adalah “Terdapat pengaruh peran bimbingan orang tua dan teman sebaya terhadap minat belajar Matematika siswa SMP Muhammadiyah 2 Batu. Tehnik analisa yang digunakan adalah analisis regresi berganda, koefisien determinasi (R2), dan pengujian hipotesisnya dilakukan dengan uji F dan uji t. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan dengan uji F terlihat bahwa variabel peranan orangtua dan interaksi dengan teman sebaya berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar Matematika siswa SMP Muhammadiyah 2 Batu dengan F hitung 13.3778 lebih besar dari F tabel 3.11. Sedangkan dengan uji t, secara parsial masing masing variabel peranan bimbingan orangtua dan interaksi dengan teman juga berpengaruh secara nyata terhadap minat belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah Batu, dengan t hitung secara berturut turut untuk variabel peran bimbingan orangtua dan interaksi dengan teman sebaya adalah 3.365 dan 3.622 yang lebih besar dari t tabel 1.98. Berdasarkan hasil analisis diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa variabel peran bimbingan orangtua dan interaksi dengan teman sebaya secara simultan dan parsial memberikan pengaruh signifikan terhadap minat belajar Matematika siswa SMP Muhammadiyah 2 Batu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 17 Jul 2012 04:14
Last Modified: 17 Jul 2012 04:14
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12276

Actions (login required)

View Item View Item