PENGARUH KETERTARIKAN PADA FOTO KAMPANYE PILKADA TERHADAP MINAT BACA BERITA KAMPANYE PILKADA( Studi pada Pelanggan Jawa Pos – Radar Malangdi RW 10 Kelurahan Sawojajar Malang )

KURNIAWATI, OLIVIA (2006) PENGARUH KETERTARIKAN PADA FOTO KAMPANYE PILKADA TERHADAP MINAT BACA BERITA KAMPANYE PILKADA( Studi pada Pelanggan Jawa Pos – Radar Malangdi RW 10 Kelurahan Sawojajar Malang ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_KETERTARIKAN_PADA_FOTO_KAMPANYE_PILKADATERHADAP_MINAT_BACA_BERITA_KAMPANYE_PILKADA.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Setiap media massa cetak memiliki caranya tersendiri dalam menarik perhatian pembacanya. Salah satu penarik perhatian pembacanya tersebut adalah dengan foto.Karena foto merupakan bagian dari surat kabar, dimana foto dapat menimbulkan kepuasan tersendiri atas keingintahuan pembacanya, keyakinan atas kebenaran dapat ditimbulkan melalui foto. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya dan seberapa besar pengaruh ketertarikan pada foto Kampanye Pilkada terhadap minat baca berita kampanye Pilkada ( studi pada pelanggan Jawa Pos – Radar Malang di RW 10 Kelurahan Sawojajar Malang ) Secara teoritis , menurut teori Uses & Gratification ( Katz, Blumler & Gurevitch ),khalayak dianggap aktif memanfaatkan media untuk memenuhi kebutuhan nya. Jadi khalayak dianggap aktif dan selektif dalam menggunakan media untuk memenuhi kebutuhannya tentang pemberitaan Kampanye Pilkada 2005. Populasi dari penelitian ini adalah pelanggan surat kabar Jawa Pos Radar Malang, dengan sampel sebanyak 68 orang responden, yang telah ditentukan dengan menggunakan tekhnik one stage cluster sampling. Sedangkan untuk pengumpulan data digunakan teknik dokumentasi dan angket. Sebelum mencari besarnya variabel independen terhadap dependen dilakukan Uji F untuk mengetahui ada / tidaknya pengaruh antar variabel tersebut. Dari perhitungan yang telah dilakukan , diperoleh hasil F hitung lebih besar dari F tabel , yaitu nilai F hitung sebesar 26.109 sedangkan F tabel untuk kesalahan 5 % sebesar 4,00. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen, digunakan rumus koefisien determinasi : r² x 100, tetapi sebelumnya terlebih dahulu nilai ( r ) melalui rumus product momen, dan diperoleh hasil nilai ( r ) adalah sebesar 0,531. Sedangkan untuk mengetahui variabel x terhadap variabel y , digunakan rumus koefisien determinasi : r ² x 100, yaitu 0,531² x 100 = 28,2 % Untuk mengetahui memprediksi perubahan yang terjadi pada variabel y digunakan metode analisis regresi sederhana , dan menghasilkan nilai sebagai berikut : Y = 18,28 + 0,518 X Berdasarkan pada persamaan analisis regresi diatas, dapat dianalisis bahwa pengaruh ketertarikan pada foto kampanye Pilkada terhadap minat baca kampanye Pilkada yang ditimbulkan adalah positif artinya semakin besar pengaruh yang diberikan variabel independen ( ketertarikan pada foto kampanye Pilkada ), maka semakin tinggi tingkat minat baca berita kampanye Pilkada oleh pelanggan Jawa Pos – Radar Malang di RW 10 Kelurahan Sawojajar Malang. Berdasarkan analisa data diatas dapat maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh ketertarikan pada foto kampanye Pilkada terhadap minat baca berita kampanye Pilkada pada Pelanggan Jawa Pos – Radar Malang di RW 10 Kelurahan Sawojajar Malang , yaitu sebesar sebesar 28,2 % , sedangkan sisanya 71,8 % dipengaruhi oleh faktor – faktor lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 17 Jul 2012 03:40
Last Modified: 17 Jul 2012 03:40
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12255

Actions (login required)

View Item View Item