PENENTUAN RUTE KENDARAAN PADA PROSES PENDISTRIBUSIAN PRODUK DENGAN METODE SAVING MATRIKS UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA TRANSPORTASI (STUDI KASUS : PT. BLAMBANGAN FOOD PACKERS INDONESIA)

WULANDARI, NURLAILI (2006) PENENTUAN RUTE KENDARAAN PADA PROSES PENDISTRIBUSIAN PRODUK DENGAN METODE SAVING MATRIKS UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA TRANSPORTASI (STUDI KASUS : PT. BLAMBANGAN FOOD PACKERS INDONESIA). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENENTUAN_RUTE_KENDARAAN_PADA_PROSES_PENDISTRIBUSIANPRODUK_DENGAN_METODE_SAVING_MATRIKSUNTUK_MEMINIMALKAN_BIAYA_TRANSPORTASI.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

PT. Blambangan FoodPackers Indonesia merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi sarden ikan laut yang mempunyai kapasitas produksi sebesar 12.408.000 sarden per tahun, yang terdiri dari : sarden jenis ikan lemuru “Cip” 5 juta sarden, sarden jenis ikan rebung “Kiku” 1,408 juta sarden dan sarden jenis ikan tuna “Macarel” 6 juta sarden. Produk-produk yang dihasilkan oleh PT. Blambangan FoodPackers Indonesia adalah sarden ikan laut dan sosis ikan laut. Transportasi adalah pergerakan produk dari satu lokasi ke lokasi yang lainnya sehingga barang atau produk sampai ke tangan konsumen. Transportasi disini berkaitan dengan masalah pendistribusian produk dan penentuan jalur distribusi atau rute distribusi yang dilalui oleh produk agar sampai ke tangan konsumen serta jumlah alat angkut yang digunakan. Karena penentuan rute atau jalur distribusi merupakan bagian yang penting untuk angkutan, maka dengan metode Saving Matriks dapat dilakukan penentuan rute/jalur distribusi dari pabrik ke distributor. Dengan kombinasi perhitungan matriks jarak dan jumlah permintaan sarden tiap distributor diperoleh matriks penghematan atau saving matrix. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan usulan pertimbangan untuk penentuan rute atau jalur distribusi sarden ikan tuna “Macarel” 425 gram dari pabrik ke distributor di wilayah Jawa Timur untuk meminimalkan biaya transportasi. Dengan metode saving matriks diperoleh penghematan total jarak sebesar 39,85% atau sepanjang 2325 km berdasarkan rute usulan yang dilalui untuk melayani distributor di Jawa Timur. Diperoleh penghematan waktu tempuh sebesar 37,62 % atau sebesar 38,75 jam. Dan diperoleh penghematan biaya transportasi sebesar 27,64 % atau sebesar Rp. 2.649.687,50 / bulan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 07 Jul 2012 07:32
Last Modified: 07 Jul 2012 07:32
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11471

Actions (login required)

View Item View Item