Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SD Negeri Curahpoh 01 Kec. Curahdami Kab. Bondowoso)

HIDAYATI, NURUL (2006) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SD Negeri Curahpoh 01 Kec. Curahdami Kab. Bondowoso). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Implementasi_Manajemen_Berbasis_Sekolahdalam_Pembelajaran_Pendidikan_Agama_Islam.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Manajemen Berbasis Sekolah merupakan salah satu wujud dari reformasi pendidikan, yang menawarkan kepada sekolah untuk menyediakan pendidikan yang lebih baik dan lebih memadai bagi para peserta didik. Otonomi dalam manajemen merupakan potensi bagi sekolah untuk meningkatkan kinerja sekolah, menawarkan partisipasi langsung kelompok­kelompok yang terkait, dan meningkatkan pemahaman terhadap masyarakat mengenai pendidikan. SD Negeri Curahpoh I Kecamatan Curahdami merupakan sekolah yang telah menerapkan MBS dengan tujuan meningkatkan potensi sekolah dan untuk mencapai tujuan pendidikan. Implementasi MBS tentunya memiliki tahap­tahap pada pelaksanaannya dan memberikan hasil kepada sekolah. Untuk itu, ada beberapa rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1.Bagaimana cara penerapan MBS dalam pembelajaran PAI di SD Negeri Curahpoh I. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1.Untuk mengetahui cara penerapan MBS dalam pembelajaran PAI di SD Negeri Curahpoh I. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan obyek penelitian ini SD Negeri Curahpoh I Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso. Untuk pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumenter. Data kualitatif yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, mengambil kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa dalam penerapan MBS melibatkan peran serta masyarakat, mengadakan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) untuk mengadakan evaluasi dalam pelaksanaan MBS. Metode yang dipakai dalam pembelajaran menggunakan metode PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) yang tujuannya untuk membuat siswa merasa nyaman dalam menerima pelajaran dan pelajaran dapat diserap oleh siswa dengan mudah. Dalam penerapan MBS di SD Negeri Curahpoh I sejak tahun ajaran 2004–2005 membuahkan hasil yang positif, hal ini bisa dilihat dari tingkat keaktifan dan keberanian siswa. Pada akhir penulisan skripsi ni dikemukakan beberapa saran yang dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk SD Negeri Curahpoh I agar lebih maju dan dapat menjadi contoh bagi lembaga pendidikan yang lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Tarbiyah
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 07 Jul 2012 04:20
Last Modified: 07 Jul 2012 04:20
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11440

Actions (login required)

View Item View Item